Main Article Content

Wulandana Wulandana
Anharudin Anharudin

Abstract

PT.Cipta Artha Graha Mulia adalah perusahaan  yang bergerak pada usaha pencelupan tekstil tingkat menengah ke atas.Persaingan antara perusahaan sejenis dirasa sangat tinggi sehingga perlu suatu strategi yang kompetitif. PT.Cipta Artha Graha Mulia telah memanfaatkan SI/TI namun belum optimal dan belum terencana dengan baik. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Perencanaan Strategis Sistem dan Teknologi Informasi Berbasis Value Bisnis (BeVissta Planning). Teknik analisis yang digunakan adalah analisis CSF, analisis SWOT, analisis value chain, McFarlan’s strategic grid, dan analisis Porter’s five force competitive model. Berdasarkan hasil analisis  yang diperoleh, urutan prioritas proyek-proyek SI yang akan diimplementasikan oleh PT. Cipta Artha Graha Mulia  adalah Website Perusahaan, SI Kepegawaian, SI Penjualan berbasis Website, SI Pelanggan dan SI Pencelupan Kain Tekstil (SIPKT).

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Atmaja, W. H. (2002). Penyusunan Metodologi Perencanaan Strategis Sistem Informasi Berbasis Value Bisnis (Be Vissta Planning) dalam rangka meningkatkan peran strategis informasi pada suatu organisasi. Magister Teknologi, Pascasarjana, fakultas Ilmu Komputer.
[2] Gottschallks, P. (2006). E-bussiness Strategy, sourching, and governance,. Idea Group Publishing.
[3] Grant, R. M. (2002). Strategic management, cetakan ke-3. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo
[4] Hasibuan, Z. (2007). Model Perencanaan Strategis System Informasi pada Industri Televisi dengan Pendekatan Blue Ocean dan Blanaced Scorecard. Jurnal Ilmiah (diunduh tanggal 16 maret 2014).
[5] Hendri, s. d. (2008). Perencanaan Strategis Sistem dan Teknologi Informasi pada St.Ignatius Education Center Palembang,. Algoritma Jurnal Ilmiah STMIK MDP Palembang.
[6] Ilman, S. d. (2012). Perencanaan Strategik Sistem Informasi pada Perusahaan penerbitan dengan metode Wrad And Peppard. Jurnal Manajemen Strategis vol 11 number 3.
[7] Imelda. (2008). Penerapan Metodologi Be Vissta Planning pada Konsultan Teknik dan Manajemen Studi Kasus PT.Virama Karya. Konferensi Nasional Sistem dan Informatika (diunduh tanggal 2 mei 2014).
[8] Indrajit, R. E. (2001). Pengantar Konsep Dasar: Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, cetakan ke-2.Jakarta: PT.Elex Media Komputindo.
[9] Kadir, A. (2001). Pengenalan Sistem Informasi. Jogjakarta: Andi
[10] Masyhur, F. (2012). Perencanaan Strategis Sistem Informasi dan Teknologi Informasi pada Perusahaan Ekspedisi Muatan Kapal Laut (EMKL). Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika Makassar.