Main Article Content

Thoha Nurhadiyan
Erik Arisona

Abstract

Penelitian ini bertujuan sebagai alat bantu pelatih futsal untuk menyampaikan strategi dalam pertandigan futsal agar lebih mudah dan praktis dengan menggunakan gadget-nya. Pelatih futsal di SMAN 1 Petir masih menggunakan media konvensional atau cara-cara lama, misalnya masih terfokus pada penggunaan papan strategi magnet, kertas dan pena untuk mengatur strateginya. Hal itu menyebabkan kurang efisiennya pelatih dalam menyampaikan strategi apa yang akan diterapkan.

Dalam mengatasi permasalahan tersebut, dalam penelitian ini membuat suatu aplikasi yang mengkombinasikan komponen teks, gambar, suara, animasi dalam pembuatan aplikasi strategi formasi futsal dengan pendekatan multimedia berbasis Android yang diharapkan dapat mempermudah pelatih untuk menyampaikan strategi yang akan diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembuatan aplikasi strategi formation futsal dengan pendekatan multimedia berbasis Android dirancang dengan menggunakan Adobe Flash Profesional CS 6.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
[1] Dannu., 2013 Sejarah Fusal http://caturdewantoro.blogspot.com/2009/12/pengertian-futsal.html [03 Oktober 2013].

[2] Galih Rifanda., 2014. Pembuatan aplikasi informasi teknik dasar olahraga bulutangkis berbasis android.

[3] Info Sahabat., 2016.Ukuran Lapangan Futsal Standar Internasional Dan Nasional Indonesia | Info Sahabat http://infosahabat.com/ukuran-lapangan-futsal-standar-internasional-dannasional-indonesia/Satria

[4] Nasional Indonesia | Info Sahabat http://infosahabat.com/ukuran-lapangan-futsal-standar-internasional-dan-nasional-indonesia/Satria

[5] Rozi, A., 2010. Memahami Teknik Dasar Pembuatan Game Berbasis Flash.Yogyakarta:Gava Media.

[6] Toni., 2014.Tutorial Action Script 3.0 komplit. Tersedia: http://blog.flashbegin.com/2010/02/ebook-tutorial-action-script-flash.html[25 Agustus 2015].