Main Article Content

Tuslaela Tuslaela

Abstract

PT. Pembangunan Jaya Ancol, Tbk. (PJA) telah menerapkan E-Procurement sebagai salah satu aplikasi yang merupakan implementasi Good Corporate Governance. Penerapan e-procurement ini dimulai pada tanggal 20 Mei 2014 dan PT. Pembangunan Jaya Ancol, Tbk. merupakan BUMD DKI Jakarta pertama yang menerapkan e-procurement yang terintegrasi dengan sistem keuangan dan sistem terkait lainnya dan saat ini menjadi BUMD percontohan dalam penerapan e-procurement. Fokus penelitian ini adalah observasi seputar work flow pengadaan barang/jasa yang manual dan menggunakan e-procurement. Observasi ini bertujuan untuk melihat sejauh mana perubahan work flow pengadaan barang/jasa sebelum dan sesudah penerapan e-procurement; teknologi informasi yang digunakan dalam penerapan e-procurement; manfaat dan kendala selama proses penerapan e-procurement dan menganalisis key success factor penerapan e-procurement. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan komparatif deskriptif.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
[1] Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.
[2] Moeliono, Anton M. 2007. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
[3] Moeloeng Lexy J. 2010, Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
[4] Silalahi, Ulber. 2009. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama.
[5] Croom, SR, A. Brandon, Jones. Journal of Purchasing And Supplay Management (2007). Impact Of Procurement : “Experinet from Implementation in the UK Public Sector. Di akses pada tanggal 01 Maret 2015 melalui situs http://www.sandiego.edu/bussiness/faculty-research/supplay-chain-management.php
[6] Udoyono, Kodar. E-Procuerement dalam Pengadaan Barang dan Jasa Untuk Mewujudkan Akuntabilitas di Kota Jogyakarta. Jurnal Studi, Pemerintahan, Volume 3 Nomor 1 Februari 2012.
[7] Wijaya, Wahyu Harry, Indriyani Retno, Putri Yusrinoa Eka. 2010. Studi Penerapan E-Procurement Pada Proses Pengadaan di Pemerintahan Kota Surabaya. Surabaya Makalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
[8] Wulandari, Liya Indah, Unas El Saifoe, Hasyi M. Hamzah. Jurnal Rekayasa Sipil/Volume 8 No.1-2014ISSN1978-5658.
[9] http://digilib.its.ac.id/public/ITS-Master-17100-paper-pdf.pdf/.
Diakses pada tanggal 02 Maret 2015.