Main Article Content

Desmira Desmira
Didik Aribowo

Abstract

PT. Pembangkitan Jawa-Bali Unit Muara Karang adalah perusahaan BUMN yang kegiatan kerja sehari-harinya sangat bergantung terhadap teknologi jaringan komputer dan komunikasi data, oleh karena itu pengetahuan tentang komponen-komponen penyusun jaringan komputer serta software-software yang digunakan dalam membentuk suatu komunikasi data sangatlah penting untuk dipelajari guna tercapainya kebutuhan pokok tersebut. Maksud dari penulisan jurnal ini adalah untuk menerangkan dan memaparkan bentuk jaringan komputer yang dipakai di area PLTU pada PT.Pembangkitan Jawa-Bali Unit Muara Karang. Dalam hal ini penulis membatasi ruang lingkup yang dianalisis diantaranya adalah analisis pada jaringan LAN dan WLAN yang menggunakan topologi Extendedstar, serta perangkat-perangkat yang mendukung terbentuknya suatu jaringan LAN dan WLAN.

                Berdasarkan hasil analisis dan mempelajari sistem jaringan yang ada di area PLTU pada PT.Pembangkitan Jawa-Bali Unit Muara Karang ini maka penulis mendapatkan kesimpulan yaitu jaringan yang ada termasuk jenis jaringan Local Area Network (LAN) dan Wireless Area Network (WLAN) dan memakai topologi jaringan dengan tipe topologi Extended Star, yaitu penggabungan dari beberapa topologi Star. Dalam membentuk jaringannya menggunakan router sebagai akses pertama, kemudian terhubung oleh beberapa switch untuk jaringan LAN dan access point untuk jaringan WLAN. Di jaringan ini juga terdapat firewall sebagai proteksi awal dari router dan untuk proteksi keamanan pada access point menggunakan WPA2. Terdapat 6 server yang berfungsi untuk melayani client, untuk OS pada client menggunakan windows xp karena software-software yang digunakan compatible dengannya. ge: IN;mso-bidi-language:AR-SA'>Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : Sensor Gas MQ-2 dapat mendeteksi kebocoran Gas. LPG Monitoring system ini dapat diaplikasikan di berbagai tempat yang terkoneksi dengan jaringan operator dan sistem dapat terkoneksi dengan modem sebagai notifikasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
[1] Administrator. 2008. Konsep Dasar WLAN. Diambil dari: http://ilmukomputer.org/2008/11/26/konsep-dasar-wlan/. (15 Juli 2011)
[2] Imam, Aam. 2011. Mengenal Jaringan Komputer. Diambil dari: http://ilmukomputer.org/2011/04/15/mengenal-jaringan-komputer/. (15 Juli 2011)
[3] Jasakom, 2007. Wireless Kung-fu Networking dan Hacking, Jakarta: S’to
[4] Madcom, 2009. Membangun Sistem jaringan Komputer, Yogyakarta: Andi
[5] Sofana, Iwan. 2006. Membangun Jaringan Komputer (Membuat Jaringan Komputer Wire dan Wireless) untuk pengguna Windows dan Linux, Penerbit Informatika
[6] Siregar, Edison. 2010. Langsung Praktek Mengelola Jaringan Komputer, Jakarta Barat: Andi
[7] Sofana, Iwan. 2008. Membangun Jaringan Komputer, Bandung: Informatika
[8] Yani, Ahmad, 2008. Panduan Membangun Jaringan Komputer, Jakarta Selatan: Kawahmedia