Main Article Content

Achmad Nur Syawaluddin

Abstract

- Sistem absensi online maupun offline merupakan salah satu permasalahan yang terdapat pada Kampus Universitas Serang Raya, karena kurangnya device berupa hardware yang mendukung untuk melakukan absensi secara semi otomatis tanpa harus dipanggil nama mahasiswa yang bersangkutan. Sistem absensi online ini menyediakan layanan berupa registrasi mahasiswa, proses abseni serta mampu mensortir jumlah mahasiswa yang hadir dengan fitur sorting waktu. Sistem absensi online yang dibuat menggunakan device hardware yang mendukung untuk proses absensi nantinya. Hardware yang digunakan yaitu sensor NFC dan fingerprint serta tambahan beberapa hardware pendukung lainnya seperti LED, buzzer dan LCD sebagai indikator pada proses absensi. Sistem ini terhubung pada jaringan dengan yang nantinya data akan disimpan ke dalam database dengan proses pengiriman data menggunakan kabel UTP. Sistem database yang digunakan yaitu XAMPP, namun pada hardware-nya menggunakan modul ethernet shield untuk menghubungkan alat absensi pada komputer yang nantinya akan menyimpan database tersebut. Setelah dilakukan pengujian maka didapat bahwa dengan adanya hardware pendukung untuk melakukan proses absensi dapat meningkatkan efektifitas waktu, karena secara tidak langsung sistem menyerupai sistem semi otomatis untuk melakukan absensi.

 

Kata Kunci : Attendance, NFC , Attendance system.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Arulogun, dkk. (2013). ”RFID – Based Students Attendance Management.” International Journal Of Scientific & Enginnering Research Volume 4, Issue 2, February-2013.
Bang Pahmi.com (2015). Pengertian Bahasa Pemrograman PHP. [Online]. Tersedia:http://www.bangpahmi.com/2015/03/ pengertian-bahasa-pemrograman-php.html. [18
Desember 2017].
Codepolitan.com (2014). Menampilkan text lcd dengan arduino. [Online]. Tersedia https://www.codepolitan.com/menampilkan- text-di-lcd-dengan-arduino [23Juli 2018].
Fairuzelsaid.com (2018). Konsep Sistem Pakar. [Online]. Tersedia: http://fairuzelsaid.com/konsep-sistem-pakar/ [12 April 2018].
Garnesia.com (2013). Apa itu NFC dan Bagaimana Cara Kerjanya. [Online]. Tersedia:https://www.garnesia.com/news/read/ 352/apa-itu-nfc-dan-bagaimana-cara-kerjanya-.html. [17 Desember 2017].
Guling.com (2017). Apa itu Perbedaan Antara RFID dan NFC? [Online]. Tersedia: https://gulangguling.com/2017/02/04/apa-sih- perbedaan-antara-rfid-dan-nfc/. [11 Desember 2017].
Marcheliaziking.com. (2015). Contoh Penerapan serta tabel Rule Based. [Online]. Tersedia: https://www.marcheliaziking.com. [13 Agustus 20018].
Muhammad, dkk. (2013). “Pembuatan Presensi Perkuliahan Berbasis Fingerprint (Studi Kasus: Jurusan Sistem Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.” Jurnal Teknik Pomits.Vol 2. No. (3).
Pohan, N. (2016). “Implementasi Barcode untuk Sistem Informasi Absensi pada PT. Coca Cola Distribution Indonesia Pekanbaru.” Riau Journal Of Computer Science.Vol 2. No. (2).
Rismawati, N. (2016). “Sistem Absensi Dosen Menggunakan Near Field Communicatioon (NFC) Technology.” Faktor Exacta .Vol 9. No. (2).
Santoso, Ahmad Yulianto. (2017). “Analisa dan Perancangan Sistem Absensi Siswa Berbasis Web dan SMS Gateway.” Jurnal Matrik.Vol 16. No. (2).
Schneider-electric.co.id (2018). Perangkat Kecerdasan Buatan Bisa Membantu Sisitem Pakar [Onlie]. Tersedia https://www.schneider- electric.co.id/id/work/insights/artificial- intelligence-tools-can-aid-sensor-systems.jsp# [23April 2018].
Setiawan, Bobi Kurniawan. (2015). “Perancangan Sistem Absensi Kehadiran Perkuliahan dengan Menggunakan Radio Frequency Identification (RFID).” Jurnal CoreIT. Vol 1. No. (2).
Sholeh, Muhron Lutfi. (2016). “Smart Presensi Menggunakan QR-Code dengan Enkripsi Vigenere Cipher”. J. Math. And Its Appl. Vol 13.No. (2).
TeknikElekronika.com (2018). Pengertian LED dan Cara Kerjanya [Online].Tersedia: http://teknikelektronika.com/pengertian-led- light-emitting-diode-cara-kerja/ [06 Maret 2018].
TeknikElekronika.com (2018). Pengertian Piezo buzzer dan Cara Kerjanya [Online]. Tersedia: http://teknikelektronika.com/pengertian- piezoelectric-buzzer-cara-kerja-buzzer/[06 Maret 2018].
Unnati A. (2015). “Development of a Student Attendance Management System Using RFID and Face Recognition.” International Journal of Advance Research in Computer Science and Management Studies. Vol 2. No. (8).
Winarno Edy, dkk. (2011). Resep top PHP untuk Proramer Pemula. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Universitas Serang Raya (UNSERA).(2015). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah UNSERA. Serang.

Author Biography

Achmad Nur Syawaluddin, Universitas Serang Raya

Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi