Main Article Content

anharudin anharudin
La Flora Bonita Dewi

Abstract

Abstrak - Booking merupakan sebuah proses perjanjian yang berupa pemesanan barang ataupun jasa namun belum di tutup dengan sebuah transaksi jual beli. Dhiva Zahra Salon dan Spa yang merupakan sebuah salon perawatan tubuh yang di tujukan khusus untuk kaum wanita, baik untuk anak-anak maupun dewasa. Dhiva Zahra Salon dan Spa sampai saat ini masih menerapkan pemesanan secara langsung, dengan cara datang ke tempat mereka, sehingga hal ini mengakibatkan banyaknya penumpukan pelanggan atau customer diwaktu yang bersamaan ketika sedang ramai. Maka dari itu di butuhkan sebuah sistem yang memudahkan customer dalam hal pelayanan. Adapun konsepnya adalah aplikasi E-Booking Salon Berbasis Web. Aplikasi ini dibangun dan dirancang dengan menggunakan model waterfall dan UML (Unified Modeling Language) dengan beberapa diagram, yaitu use case diagram, activity diagram, sequence diagram dan class diagram. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP, framework CSS Bootstrap dan MySQL sebagai basis datanya. Dengan dibangunnya aplikasi E-Booking Salon ini, diharapkan dapat membantu meningkatkan kinerja dalam proses bisnis kedepannya dan menjadi acuan bagi pengusaha salon kecantikan yang ingin menggunakan sistem ini.

 

Kata Kunci : E-Booking, MySQL, PHP, Web.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
DAFTAR PUSTAKA
Anhar. (2010). Panduan Menguasai PHP & MySQL Secara Otodidak. Jakarta Selatan: Mediakita.
Georgiana, Vina. (2011). “Rancangan Sistem Informasi Online Booking Pada Salon Cantik”. ComTech. Vol. 2 No. 1 Juni 2011:209-217.
Hermawan, Indra dan Kurnia, Dian Ade. (2014). “Sistem Informasi Pemesanan Paket Berbasis Web Pada Yuni Salon Duku Puntang Kabupaten Cirebon”. Jurnal Online Ict Stmik Ikmi. Vol. 12 No.(2).
Muntohar Tri Yuni. (2014). “Analisis Dan Perancangan Aplikasi Manajemen Salon Dan Spa Berbasis Web (Studi Kasus : Kirani Family Salon Sleman)”.
Pressman, Roger S. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak : Pendekatan Praktisi Buku Satu. Yogyakarta: Andi
Sentosa, Aditya dan Thamrin, Taqwan. (2015). “Aplikasi E-Booking Rumah Makan Berbasis Web Dengan Penerapan Arsitektur Model View Controller (Studi Kasus : Rumah Makan Kampoeng Bamboe)”. Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi.
Santoso, Halim Budi, dkk. (2017). “Program Bantu Pemesanan Jasa Perbaikan AC Studi Kasus: CV. Kurniatama”. Jurnal Matrik. Vol. 16. No.2, Mei 2017.
Sucipto. (2011). Konsep dan Teknik Pengembangan Sistem Berbasis Teknologi Informasi. Banten: Dinas Pendidikan Provinsi Banten.
Wibowo, Angga. (2007). 16 Aplikasi PHP Gratis untuk Pengembangan Situs Web. Yogyakarta: Andi.