Main Article Content

Cahyani Budihartanti
Riswan Pandiangan

Abstract

Ketika kita berkunjung ke suatu tempat baru, adakalanya kita mengalami kesulitan untuk menemukan letak suatu tempat dengan benar, atau mungkin kita bisa saja keliru menemukan arah ketempat tersebut, sehingga bukannya sampai ketempat tujuan tetapi malah menemukan tempat berbeda. Jakarta adalah kota yang cukup luas, untuk menemukan suatu tempat terutama saat kondisi kritis bisa saja melelahkan dan butuh waktu lama, misalnya saja ketika kita sedang sakit atau mengalamai kecelakaan. oleh sebab itu untuk efisiensi pencarian rumah sakit di Jakarta, penulis membuat aplikasi pencarian rumah sakit di Jakarta, yang dikembangkan untuk smartphone berbasis Android menggunakan ADT Bundle dari eclipse. Pengguna akan semakin mudah menemukan lokasi rumah sakit dengan tepat dengan bantuan peta digital berbasis google maps yang langsung ditampilkan di perangkat pengguna, juga panduan arah untuk menuju lokasi tujuan yang dapat menunjukkan jalur yang terpendek untuk sampai dilokasi tujuan. Dengan bantuan Global Positioning System (GPS) yang berfungsi sebagai penunjuk lokasi, Location Based Service (LBS) yang menyediakan informasiĀ  berdasarkan letak geografis perangkat mobile, melalui visualisasi Google Maps, maka aplikasi ini akan mudah digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
[1] Jogiyanto HM, 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.
[2] Tim Redaksi Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2009. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
[3] Davis, Gordon B, 2002. Kerangka Dasar: Sistem Informasi Manajemen, Bagian I Pengantar. Seri Manajemen No. 90-A. Cetakan Kedua Belas, Jakarta: PT. Pustaka Binawan Pressindo.
[4] Kusrini dan Andri Koniyo, 2007. Tuntunan Praktis Membangun Sistem Informasi Akuntansi dengan Visual Basic & Microsoft SQL Server. Yogyakarta: Penerbit Andi.
[5] Suprianto, Dodit & Rini Agustina, 2012. Pemrograman Aplikasi Android: step by step membuat aplikasi android untuk Smartphone dan Tablet. Yogyakarta: MediaKom.
[6] "Android Overview". Open Handset Alliance. Diakses 2014-07-15
[7] Shalahuddin, Muhammad & Rosa Ariani S, 2011. Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Bandung: Modula.
[8] Widodo, Prabowo Pudji & Herlawati, 2011. Menggunakan UML. Bandung: Informatika.
[9] Cormen, Thomas H , 2009. Introduction to Algorithms, 3rd Edition. MIT Press Publisher