Main Article Content

Suhud Suhud
Andri Fitriansyah

Abstract

Media sangat berperan penting dalam penyampaian materi pembelajaran. Salah satu media yang tepat untuk memcapai kegiatan belajar mengajar membatik yaitu dengan menggunakan media animasi sehingga mebuat pengunjung dapat lebih jelas memahaminya. Kurangnya penyampaian materi dan tata cara membatik ketika proses belajar berlangsung  membuat kegiatan membatik tidak maksimal. Hal ini menyebabkan proses belajar membatik masih terpusat pada presenter sehingga peran pengunjung sekedar mendengarkan hal-hal yang disampaikan oleh presenter. Metode yang digunakan saat penelitian adalah metode kualitatif yang meliputi pengumpulan data, observasi, wawancara, dan studi pustaka. Beberapa software yang diaplikasikan yaitu Adobe Flash Professional digunakan untuk mengkombinasikan semua komponen teks, gambar, audio, animasi dan video tata cara pembuatan batik Banten dari awal sampai akhir. Software Adobe Photoshop digunakan untuk mengedit gambar/foto, Software Adobe Premiere Pro untuk mengedit video dan audio dan semua data digabungkan ke dalam software Adobe Flash Professional. Semua data akan diolah menjadi satu aplikasi yaitu media pembelajaran berbasis multimedia. Pembuatan media pembelajaran batik Banten Pada PT. Batik Banten Mukarnas berbasis multimedia ini, diharapkan dapat mempermudah penerimaan pembelajaran yang lebih cepat dan memperjelas maksud dari materi sehingga mempertinggi kualitas dan hasil belajar pengunjung dalam membatik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
[1] Abdul Aziz (2016) berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Batik Tulis Berbasis Multimedia Interaktif
[2] Al-Bahra Bin Ladjamudin dalam bukunya yang berjudul Analisis & Desain Sistem Informasi (2005 : 39)
[3] Ariesto Hadi Sutopo. (2003). Multimedia Interaktif Dengan Flash. Yogyakarta:Graha Ilmu. hal 8.
[4] Bentley dan Whitten dalam bukunya yang berjudul System Analysis and Design For The Global Enterprise,(2009). hal 160
[5] Binanto, Iwan. Multimedia Digital-Dasar Teori Dan Pengembangannya. (Yogyakarta: Andi offset 2010). hal 2.
[6] Buku Pedoman Skripsi. Universitas Serang Raya. 2013.
[7] Cristian Kusuma Dewi (2016) berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Prakarya Membatik Menggunakan Adobe Flash Untuk Siswa Kelas VII SMP Dr. Wahidin”.
[8] Dian Kurniawan (2013) berjudul “Aplikasi Katalog Batik Solo Dan Jogyakarta Berbasis Multimedia Flash”.
[9] Jugianto H. M. dalam bukunya yang berjudul Analisis & Desain Sistem Informasi (2005: 179)
[10] Kamus Besar Bahasa Indonesia (1998 : 52), “Aplikasi adalah penerapan dari rancang sistem untuk mengolah data yang menggunakan aturan atau ketentuan bahasa pemrograman tertentu”.
[11] Kurniawan, Uke. (2009). The Clothes Tell Stories. Banten: Penerbit Pribadi.
[12] Kurniawan, Uke. Wawancara Sejarah Batik Banten. Griya Batik Banten.
[13] M. Suyanto. Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing.(Yogyakarta: Andi, 2003), hal 20-21.
[14] Menggunakan Adobe Flash CS3 Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas VII Di MTs Negeri Godean”.
[15] One Kharisma Fatekha Fauzi (2013) berjudul “Pengembangan Multimedia Pada Pembelajaran Muatan Lokal Batik di SMK Negeri 4 Yogyakarta”.
[16] R.M. Sutjipto Wirjosuparta Prof.Dr.. Ditinjau dari Sejarah Kebudayaan, menyatakan bahwa sebelum masuknya India bangsa Indonesia telah mengenal tehnik membuat kain Batik (Widodo, 1983 : 2).
[17] Ratna Hartini (2013) berjudul “Penerapan Media Animasi Flash Dalam Pembelajaran Motif Batik Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Menganti”.
[18] Syifaun Nasifah, Karya tulis ilmiah Pengertian Perancangan Aplikasi (2003 :2)
[19] Wendha widyo saksono (2010) berjudul “Peranan Go Tik Swan Hardjonagoro dalam mengembangkan Batik di Surakarta (1955-1964)”.
[20] Yudoseputro (2000) menyatakan bahwa batik berarti gambar yang ditulis pada kain dengan mempergunakan malam sebagai media sekaligus penutup kain batik. Hal 98