Main Article Content

Cahyani Budihartanti
Michael Wairisal

Abstract

Seringkali saat berada di suatu tempat yang baru dan membutuhkan informasi tentang tempat tersebut, banyak orang seperti masyarakat di luar daerah atau pun masyarakat lokal yang kesulitan bertanya kemana atau kepada siapa. Di Jabodetabek terdapat banyak lokasi tempat wisata bersejarah atau museum yang seharusnya masyarakat luas tahu lokasinya sehingga dapat memanfaatkannya. Akan lebih mudah jika ada aplikasi yang dapat memberikan peta lokasi tempat wisata bersejarah di jabodetabek, menunjukkan arah, memberikan informasi alamat tempat wisata tersebut agar mempermudah proses pelacakan. Pengaksesan aplikasi untuk mengetahui letak dari posisi pengguna menggunakan bantuan GPS dan Google Map. Aplikasi ini dibangun dengan android eclipse ADT plugin dengan menggunakan pemetaan Google Maps API.Hasil Analisa dari perancangan ini adalah bahwa aplikasi support terhadap android version 4.1 jelly bean keatas dan diharapkan dapat memenuhi kebutuhan informasi akan tempat wisata bersejarah di Jabodetabek.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
[1] Kusrini dan Andri Koniyo, 2007. Tuntunan Praktis Membangun Sistem Informasi Akuntansi dengan Visual Basic & Microsoft SQL Server. Yogyakarta: Penerbit Andi.
[2] M. Salahuddin dan Rosa, 2010. Pemograman J2ME Belajar Cepat Pemograman Perangkat Telekomunikasi Mobile, Informatika, Bandung.
[3] Satyaputra, Alfa dan Eva Maulina Aritonang. 2014. Beginning Android Programming with ADT Bundle. Jakarta: Elexmedia
[4] Suprianto, Dodit & Rini Agustina, 2012. Pemrograman Aplikasi Android: step by step membuat aplikasi android untuk Smartphone dan Tablet. Yogyakarta: MediaKom
[5] inilah.com. Inilah Sejarah Penamaan dari Tiap Versi Android. Mei 22, 2013. http://teknologi.inilah.com/read/detail/1992003/inilah-sejarah-penamaan-dari-tiap-versi-android#.UeOvbD-jiRE (di akses pada 06 11, 2013).
[6] Neven Vrcek, Goran Bubas, and Neven Bosilj. 2009, User Acceptance of Location-based Services. International Journal of Human and Social Sciences 4:2
[7] Whitten, Jeffrey L, Bentley, Lonnie D, Dittman, Kevin C. ” Metode Desain dan Analisis Sistem,” Edisi 6, McGraw Hill Education, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2004.
[8] R, Wahyu Kusuma, Any K. Yapie dan Eriza Siti Mulyani. 2013. Aplikasi Location Based Service (LBS) Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Berbasis Android. ISSN: 1907–5022. Yogyakarta: Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) 2013, H-13 . (15 Juni 2013).
[9] Dimyati, Edi. 2010. Panduan Sang Petualang: 47 Museum Di Jakarta. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
[10] Safaat, H. Nazruddin. 2012. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan tablet PC berbasis Android.Bandung: Informatika
[11] Tanoe, Andre. 2009. GPS Bagi pemula, dasar-dasar pemakaian sehari hari. Jakarta
[12] Davis, Scott. 2006. Google Maps API V2. Texas: The Pragmatic Bookshelf