Main Article Content

Vidila Rosalina

Abstract

Zachman Framework merupakan salah satu metode Enterprise Architecture Planning (EAP) yang banyak digunakan diseluruh dunia dalam perancangan sistem yang mana di dalam metode ini perencanaan dilakukan dengan langkah-langkah yang sistematis, mudah dipahami dan dapat dijadikan kontrol untuk pengembangan sistem informasi ke depan. Dengan menggunakan Zachman Framework dapat diperoleh informasi secara detail tentang bagaimana infrastruktur jaringan komputer dirancang Customer Relationships Management (CRM) pada Universitas, segala kebutuhan baik data, sumber daya manusia dan infrastruktur yang mendukung berjalannya infrastruktur jaringan komputer yang terintegrasi untuk menghadapi persaingan dengan lembaga pendidikan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) lain dalam memenuhi tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi, agar dapat dihasilkan suatu rancangan jaringan komputer yang sesuai dengan visi dan misi stakeholder. Hasil penelitian ini berupa blue print rancangan infrastuktur jaringan komputer yang dipetakan didalam bentuk matrik “where” pada kerangka Zachman yang dilihat dari sudut pandang Planner dan Owner pada Customer Relationships Management (CRM) pada Universitas Serang Raya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
[1] Bergeron, Bryan (2002), Essentials of CRM: A Guide to Customer Relationship Management. John Wiley & Sons, Inc., New York, USA.
[2] Cook, Melissa A. (1996), Building Enterprise Information Architectures, Prentice Hall.
[3] Jones, Jennifer & Trott, Bob (2001), “Getting personal on multiple CRM channels”, InfoWorld, San Mateo.
[4] Martin, E.W., Brown, C.V., DeHayes, D.W., Hoffer, J.A., Perkins, W.C. (2005), “Customer Relationship Management”, Managing Information Technology (5th ed.), Pearson Prentice Hall.
[5] Osvalds, G. (2001). Definition of Enterprise Architecture – Centric Models for The Systems Engineers, TASC Inc.
[6] Radwan, A., and Majid Aarabi, (2011), Study of Implementing Zachman Framework for Modeling Information Systems for Manufacturing Enterprises Aggregate Planning, Proceedings of the 2011 International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, January 22 – 24, Kuala Lumpur, Malaysia.
[7] Rosalina, Vidila and Suhendarsah, Andri, (2013), Zachman Framework for Modelling CRM in PT.Lottechem, Tbk., Volume 2 Issue 7 (November 2013), International Journal of Engineering Associates (IJEA) ISSN 2320-0804.
[8] Vidila, Rosalina, (2014), Perancangan Jaringan Komputer dalam Konsep Membangun Serang Menuju Smartcity, Volume 1 No 1 September 2014, Jurnal Pengembangan Riset dan Observasi Sistem Komputer (PROSISKO) ISSN: 2406-7733.
[9] Zachman, J.A., 12 Agustus 2012, John Zachman's Concise Definition of the Enterprise Framework, http://www.zachman.com/aboutthe-zachman-framework.
[10] Zifa, Zachman Framework, http://www.zifa.com
[11] Zikmund, W., R. McLeod and F. Gilbert (2003): Customer Relationship Management – Integrating Marketing Strategy and Information Technology, John Wiley & Sons.