Main Article Content

Suminten Suminten

Abstract

Usaha Pithik Sambel Ndessooo merupakan usaha dibidang kuliner olahan ayam organik. Dalam operasional proses bisnisnya usaha ini masih dilakukan secara manual dan belum terkomputerisasi, sehingga perpindahan informasi mengenai Pembelian, Stok bahan baku, Supplier, Penjualan, Karyawan dan customer masih dilakukan secara manual. Ini menyebabkan proses bisnis menjadi tidak efisien dan owners mendapat beberapa kesulitan diantaranya: Informasi mengenai stok dan supplier, pencarian transaksi 1 bulan yang lalu, penilaian karyawan. Oleh sebab itu, diperlukan penerapan teknologi Enterprise Resource Planning (ERP) dengan tujuan agar permasalahan tersebut dapat terselesaikan. Untuk pemilihan software yang digunakan dalam penerapan sistem ERP ini adalah software ODOO (open ERP). Karena termasuk open source dan dirasa mudah dalam penggunaan dan juga dapat mengikuti perubahan serta terintegrasi secara menyeluruh dalam memenuhi kebutuhan operasional perusahaan bahkan yang paling rumit sekalipun. Dari hasil implementasi menunjukkan bahwa aplikasi Odoo dapat mengatasi permasalahan pada Pembelian, Stok bahan baku, Supplier, Penjualan, Karyawan dan customer di Usaha Pithik Sambel Ndesso. Diharapkan dengan sistem ERP ini kegiatan operasional usaha dapat lebih efektif dan efisien sehingga diharapkan memberikan keuntungan finansial yang lebih bagi pemilik usaha.

  Kata Kunci: ODOO, Perancangan ERP, Usaha Kuliner

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Imam Muda. (2013). Elektronika Dasar. Gunung Samudra, Malang.
Mulyanto, Agus. (2009). Sistem Informasi Konsep & Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusdiana, Irfan. (2014). “Sistem Informasi Manajemen”. Bandung: Pustaka Setia.
Sutarman. (2012). "Buku Pengantar Teknologi Informasi". Jakarta: Bumi Aksara.
Ulfah, M. (2011). “Pengujian Sensor Ultrasonik PING untuk Pengukuran Level Ketinggian dan Volume Air”. Jurnal Ilmiah Elektrikal Enjiniring, UNHAS. Universitas Negeri Hasanudin, vol. 09 no. 02, hh. 72 – 77.
Zain, Ruri H. (2013). “Sistem Keamanan Ruangan Menggunakan Sensor Passive Infra Red (PIR) Dilengkapi Kontrol Penerangan Pada Ruangan Berbasis Mikrokontroler Atmega8535 Dan Real Time Clock DS1307.” Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan. Vol. 6. No.(1). 146-162

Author Biography

Suminten Suminten, Universitas Bina Sarana Informatika PSDKU Bogor

Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi