Main Article Content

Sulistiyono Sulistiyono
Haris Triono Sigit
Amri Mubarok

Abstract

Elektronik adalah suatu alat yang dibuat atau dipergunakan manusia berdasarkan prinsip pada sistem elektronika. Banyak sarana yang dirancang secara otomatis untuk membantu kegiatan manusia dalam mengatur keamanan lingkungan ataupun ruangan yang memerlukan tingkat pengamanan yang lebit ketat. Electrical room (E-room) merupakan area terbatas di dalam pabrik, hanya personil EIA (Electric Instrument Automotion) yang dapat masuk ke dalam E-room. Pada penelitian ini dibuat prototype sistem keamanan menggunakan sensor fingerprint yang dikolaborasikan dengan mikrokontroler. Pada penelitian ini digunakan sensor fingerprint ZFM-60 yang dikontrol oleh mikrokontroler ATMEGA 328 dan ditambahkan pendukung seperti LED, LCD, push button serta motor servo sebagai slot pengunci pintu. Dalam sistem keamanan ini ada dua yang dapat mengakses yaitu admin dan user. Admin memiliki hak akses menyimpan dan menghapus sidik jari serta dapat mengontrol pintu. Ada 26 ID yang terdaftar dengan rincian ID 0 hingga 2 adalah admin dan sisanya adalah ID user. Terdapat menu yang ditampilkan pada LCD penampil yang digunakan sebagai penunjuk dan memudahkan interface dengan pengguna. Sedangkan hak akses user hanya bisa membuka pintu saja. Penguncian pada sistem ini menggunakan motor servo dan diatur menggunakan timer. Ada beberapa tombol yang berfungsi untuk memberikan perintah pada LCD, selain itu terdapat tombol untuk membuka pintu dari dalam.

 

Kata Kunci : ATMEGA 328, E-room, Mikrokontroler, Sensor Fingerprint, Sistem Keamanan

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
A.S., Rosa dan Shalahuddin, M. (2011). “Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek”. Bandung: Modula.
A.S., Rosa dan Shalahuddin, M. (2013). “Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek”. Bandung: Informatika.
Andrianto, Heri dan Darmawan, Aan. (2015). “Arduino: Belajat Cepat dan Pemrograman”.Bandung: Informatika.
Budiharjo, Suyatno. et. al (2013). “Keamanan Pintu Ruangan Dengan RFID Dan Password Menggunakan Arduino Uno”.Akademi Telkom Sandhy Putra Jakarta.
Djuandi, Feri. (2011). “Pengenalan Arduino”. Jakarta: Elexmedia.
Febritriko, Anip. et. al (2016). “Perancangan Sistem Pengaman Ruangan Berbasis Mikrokontroler (Arduino) Dengan Metode Motion Detection”. Universitas Abdurrab. Vol. 01. No. (1).
Guntoro, Helmi. et. al (2013). “Rancang Bangun Magnetic Door Lock Menggunakan Keypad dan Solenoid Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno”. Universitas Pendidikan Indonesia. Vol. 12. No. (1).
Jogiyanto. (2005). “Analisis dan Desain Sistem Informasi”. Yogyakarta: Andi Offset.
Mustakini. (2009). “Sistem Informasi Teknologi”. Yogyakarta: Andi Offset.
Nugroho Kharis. et.al (2012) “Perancangan Dan Implementasi Sistem Keamanan Rumah Berbasis Mikrokontroler”. Universitas Telkom
Pressman. Roger S. (2010). “Pendekatan Praktisi Rekayasa Perangkat Lunak”. Yogyakarta: Andi Offset.
Putra Falintino, Bara. (2016). “Perancangan Sistem Akses Keamanan Rumah Baerbasis Radio Frequency Identification (RFID) Dan Mikrokontroller ATMEGA328P”. Universitas Maritim Raja Ali Haji.
S, Rosa dan Shalahuddin, M. (2014). “Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek”. Bandung: Informatika.
Saputra, Donny . et. al (2014). “Akses Kontrol Ruangan Menggunakan Sensor Sidik Jari Berbasis Mikrokontroler ATMEGA328P”. STMIK Raharja
Sumardi. (2013). “Mikrokontroller Belajar AVR Mulai dari Nol”. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Surya Ramadhan, Ade. et. al (2016). “Rancang Bangun Sistem Keamanan Rumah Berbasis Arduino Mega 2560”. Universitas Dian Nuswantoro. Vol 15. No. (2)
Sutabti, Tata. (2012). “Konsep Sistem Informasi”. Yogyakarta: Andi Offset.
Thumann, Albert, & Harry Franz, (2009). “Efficient Electrical System Design Handbook”, Liburn: Fiarmont Press. Undala,
Figa . et. al (2015). “Protype Sistem Keamanan Pintu Menggunakan Radio Frequency Identifacation (RFID) dengan kata Sandi Berbasisi Mikrokontroler”. Universitas Tanjungpura. Vol. 03. No. (1).
Yasin, Verdi. (2012). “Rekayasa Perngkat Lunak Berorientasi Objek”. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Author Biographies

Sulistiyono Sulistiyono, Universitas Serang Raya

Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi

Haris Triono Sigit, Universitas Serang Raya

Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi

Amri Mubarok, Universitas Serang Raya

Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi