Main Article Content

Muhamad Taufik Yulianto
Astriana Mulyani

Abstract

Gizi merupakan suatu kebutuhan tubuh akan zat-zat penting yang memiliki fungsi sebagai penunjang metabolisme. Seperti berbagai jenis vitamin, Lemak, Mineral. Metabolisme yang baik akan menunjang pertumbuhan dan perkembangan yang baik pula. Banyak orang yang tidak tahu berapa badan idealnya dan masyarakat tidak mengetahui berat badan pada bayi, balita, remaja, dewasa, dan lansia. Secara umum masyarakat kesulitan dalam memahami status gizi setiap anaknya, hal ini tentu dapat menimbulkan masalah dalam mengontrol asupan gizi terhadap pertumbuhan anak. Tujuan pembuatan aplikasi ini adalah membangun sebuah aplikasi yang dapat memberikan informasi kesehatan yang tepat saat ini. Aplikasi ini dirancang menggunkan metode rumus Index Massa Tubuh yang berguna untuk mengetahui status berat badan ideal apakah kurus, normal atau kelebihan. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan masyarakat dapat dengan mudah memantau perubahan berat badan idealnya.

 

Kata Kunci: Aplikasi Android, Kalkulator Gizi, Berat Badan Ideal

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Depkes. 2014. Gizi dan Kesehatan Masyarakat Jakarta: Rajawali
Diangrum, Suryanto, 2014. Penentuan Status Gizi Balita Berbasis Android Menggunakan Metode Analitycal Hierarchy. Amikom Purwokerto. JUITA ISSN: 2086-9398 Vol.3 Nomor 1 Mei 2014.
Fidiantoro, Setiadi, 2013. Model Penentuan Status Gizi Balita Dipuskesmas.Jurnal Sarjana Teknik Informasi. JUITA ISSN: 2338-5197 Vol.1 Nomor1 1 Juni 2013.
Kusuma, B.J, Pinandita Tito, 2011. Rancang Bangun Aplikasi Mobile Perhitunagan Indeks Massa Tubuh dan berat badan ideal. Teknik Informatika, Universitas Muhamadiyah Purwokerto. JUITA ISSN: 2086-9398 Vol.1 Nomor 4 November 2011
Murya, Yosef. 2013. Pemograman Android BlackBox Jakarta: Jasakom
Ramadhani, Cipta. 2015. Dasar Algoritma dan struktur data dengan Bahasa Java. Yogyakarta : Penerbit Andi.
Rizky, Soetomo. 2011. Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher.
Pressman, Roger S. 2010. Software Engineering: A Practicioner's Approach, 7th Edition. New York:McGraw-Hill.
Sari, Dewanto, Surateno. 2017. Aplikasi Pemantauan Status Gizi Berdasarkan Pengukuran Antropometri Menggunakan Metode Fuzzy Logic. Jurnal Teknologi Informatika dan Terapan. ISSN: 235 – 838 Vol.04 Nomor 1 Januari – Juni 2017.

Author Biographies

Muhamad Taufik Yulianto, STMIK NUSA MANDIRI JAKARTA

Program Studi Teknik Informatika

Astriana Mulyani, STMIK NUSA MANDIRI JAKARTA

Program Studi Teknik Informatika