Main Article Content

Muliyadi Muliyadi
Dwi Bayu Rendra
Firman Darma Kusuma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk pendataan menara  telekomunikasi di kota serang, di impelementasikan pada dinas perhubungan informatika dan komunikasi kota serang. Dalam tugas akhir ini GIS(Geographic information system) di manfaatkan untuk menampilkan titik letak lokasi menara, sehingga dapat dengan mudah menampilkan lokasi menara yang sudah di input dalam aplikasi pendataan ini. Jumlah menara telekomunikasi ada 152 unit yang tersebar di kota serang. Tugas akhir ini di bangun dengan menggunakan Delphi 7.0 sebagai software pembuat aplikasi, dan untuk database menggunakan navicat for MySQL Serta Alpha Method untuk pengujuian sistem. Aplikasi ini mempunyai dua proses yaitu, Penginputan data menara dan data pemilik lalu hasil pendataan dapat di cetak. Penelitian ini di lakukan di kantor dinas perhubungan, informatika dan komunkasi kota serang pada tanggal 12 juni sampai dengan 12 agustus 2015. Data di kumpulkan untuk aplikasi yang telah di buat. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa GIS (Geographic information system) dapat membantu menampilkan lokasi dengan memasukan input titik koordinat pada pendataan menara telekomunikasi di kota Serang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
[1] Dwi, A, M. 2014. Pembangunan dan Penataan Menara Telekomunikasi Seluler Bersama di Kabupaten Bangkalan Berbasis GIS. Surabaya:Institut teknologi sepuluh November. Vol. 3, No. 1.
[2] Alaa, H, AL-Hamami. 2011. Application Optimal Cell Towers Distribution by using Spatial Mining and Geographic Information System. Jordan: Amman Arab University. Vol. 1, No. 2, 44-48.
[3] Asyukur, Rizqi, D, k, k. 2011. PENENTUAN LOKASI POTENSIAL MENARA BASE TRANSCEIVER STATION (BTS) BERBASIS GIS DI SSWP 1 KABUPATEN SIDOARJO. Malang: Universitas Brawijaya.
[4] Agung, B, S. 2013. Pengawasan dan pengendalian terhadap pembangunan menara telekomunikasi berdasarkan pasal 29 ayat (1) peraturan daerah kabupaten ponorogo nomor 11 tahun 2011 tentang pembangunan dan retribusi pengendalian menara telekomunikasi.. Malang: Universitas Brawijaya. Skripsi.
[5] Mizwar, A., 2012. Penentuan Lokasi Tempat Pengolahan Akhir (TPA) Sampah Kota Banjarbaru Menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG). Jurnal EnviroScienteae ISSN 1978-8096, vol. 8(1), 16-22.
[6] Sukarya, E, 2014. Pemkot Serang Batasi Pembangunan Menara Telekomunikasi. Republika.co.id.
[7] Rachmawati,A. 2010. APLIKASI SIG (SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS) UNTUK EVALUASI SISTEM JARINGAN DRAINASE DI SUB DAS LOWOKWARU KOTA MALANG. Jurnal rekayasa sipil / Volume 4, No.2– ISSN 1978 – 5658.
[8] Puntodewo, A. Dewi, S. Dan Tarigan, J. Sistem Informasi geografis untuk pengelolaan sumber daya alam. Indonesia: Bogor barat