VISUALISASI MASJID AGUNG RANGKASBITUNG BERBASIS 3D DENGAN MENGGUNAKAN GOOGLE SKETCHUP & AFTER EFFECT
Abstract
Perkembangan teknologi dalam bidang animasi 3 dimensi (3D) saat ini berkembang sangat pesat. Namun demikian, animasi 3D yang dibuat di Indonesia terkesan masih kaku dan gerakan objek (misalnya erakan manusia) belum menyerupai gerakan yang sesungguhnya. Untuk mengatasi masalah diatas, perkiraan pose odel 3D bisa menjadi salah satu jalan keluarnya. Dengan adanya perkiraan pose dari model 3D nantinya gerakan dari model 3D bisa dibuat dalam waktu yang lebih singkat. Dalam penelitian ini, didesain dan diimplementasikan perkiraan pose dari model manusia 3 dimensi (3D). Model yang digunakan adalah model manusia silinder. gerakan dari model manusia dibagi menjadi beberapa gambar yang berurutan. Dari urutan gambar tersebut dicari letak keypoint. Keypoint yang sama dari gambar sebelumnya dicari padanannya pada gambar berikutnya. Pada penelitian ini, didapat rata-rata jumlah keypoint yang berubah lokasi mencapai 92,19 % dari jumlah keypoint pada setiap gambar acuan. Perubahan lokasi keypoint ini digunakan untuk menentukan pergerakan model, sehingga pose dari model manusia 3D dapat diprediksi.Downloads
References
Amin. (2014). Penjelasan Fungsi Tools Panel di After effect. http://www.ilmugrafis.com/after-effect.php?page=penjelasan-fungsi-tools-panel-di-after-effect [20 Februari 2015, 21.00].
Anam, Choirul. (2013). Reis verhalen indies in Rangkasbitung. http:/arul413.com/2013/07/reis-verhalen-indies-in-rangkasbitung.html [18 February 2015, 10.00].
Binanto, Iwan. (2010). Multi Media Digital Dasar Teori dan Pengembanganya. Yogyakarta : Andi.
Lebak, Baduy. (2011). Sekilas Sejarah Lebak. http://sejarahlebak1.com/ [20 February 2015,23.00].
Munir. (2013). Multimedia Konsep dan Aplikasi Dalam Pendidika. Bandung : Alfabeta.
Wahana Komputer. (2013). Beragam Animasi Iklan Menggunakan Adobe After effect cs6. Semarang : Andi.