OPTIMALISASI PERAN IBU MENGADOPSI PROGRAM PHBS MENERAPKAN JAMBAN SEHAT KELUARGA DI LINGKUNGAN MASYARAKAT KOTA SERANG

  • Rahmi Winangsih
Abstract views: 248 , PDF downloads: 569

Abstract

Model penerapan kebijakan pemerintah untuk mengubah perilaku masyarakat berperilaku hidup bersih dan sehat menggunakan jamban sehat keluarga, seperti yang dilaksanakan petugas Puskesmas, antara lain membuat arisan MCK yang bertujuan agar setiap kepala keluarga mempunyai sarana MCK, sehingga tidak lagi membuang kotoran sembarangan. Program ini tidak berhasil secara optimal, karena masyarakat tidak mau berubah secara optimal untuk berperilaku hidup bersih dan sehat.
 Oleh karena itu, peran Ibu sebagai madrasah keluarga, dekat dengan anak-anak sebagai generasi selanjutnya, dianggap sebagai pembaharu dunia dalam membentuk karakter berkualitas tidak bisa dianggap sepele. Keberadaannya sangat diperlukan terutama dalam mengubah perilaku mendasar, seperti membangkitkan kesadaran berperilaku hidup bersih dan sehat menekankan penerapan program jamban sehat.
 Komunikasi seorang Ibu sebagai sosok wanita yang mampu berbicara lebih sopan, penuh tata krama, cerminan kasih sayang, lemah lembut tutur katanya, dan terperinci/detail, akan mudah melakukan perubahan perilaku anak mendasar, bahkan Ibu dijadikan sebagai sosok peletak dasar jiwa dan perilaku anak, sebagai titik awal perubahan sikap dan perilaku masyarakat Kota Serang.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2017-09-30