Aplikasi Pengenalan Bahasa Isyarat Untuk Penyandang Tuna Tungu Berbasis Android (Studi Kasus : SLB Madina Serang)


Iman Winaldi(1*), Agus Setyawan(2),

(1) universitas serang raya
(2) Universitas Serang Raya
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak - Anak tunarungu adalah salah satu klasifikasi dari anak yang mempunyai kelainan dalam pendengarannya sehingga memberikan dampak negatif bagi perkembangannya, terutama dalam kemampuan berbicara dan berbahasa.Dalam berkomunikasi, mereka menggunakan sebuah bahasa yang bernama bahasa isyarat, bentuknya berupa tatanan sistematis tentang seperangkat isyarat jari, tangan, dan berbagai gerak untuk melambangkan kosa kata bahasa.Namun pada kenyataanya, sumber daya pengajar yang mengerti bahasa ini jumlahnya masih sangat terbatas dan sangat minim prasarana.Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah media belajar khusus tentang bahasa isyarat berbasis android untuk mengembangkan kemampuan berbahasa sehingga dapat mengurangi masalah kesulitan berkomunikasi yang dialami oleh anak-anak tunarungu.Software yang digunakan untuk membangun aplikasi pada penelitian ini adalah Eclipse Mars 2 dengan menggunakan bahasa pemrograman Java.Aplikasi ini berisi tentang kata-kata dalam bahasa isyarat yang biasa digunakan untuk percakapan sehari-hari dan dibuat dengan menggunakan elemen multimedia seperti video dan gambar sehingga anak tunarungu dapat dengan mudah menirukan gerakan bahasa isyarat yang diajarkan.

 

Kata Kunci : Bahasa, Isyarat, Tunarungu, Android


References


BisaMandiri. (2015). Bahasa Isyarat bagi Penderita Tunarungu.[Online]. Tersedia: https://bisamandiri.com/blog/2015/09/bahasa-isyarat-bagi-penderita-tuna rungu.

Damme, I. (2013). Purwarupa Aplikasi Android Kamus Visual Untuk Tunarungu Usia Dini Dengan Menggunakan Metode Materna Refleksi,[Online]. Tersedia: http://eprints.dinus.ac.id/12492/1/jurnal_12515.pdf.

Hajar Hanifah, Maruti Sekar Arum, Steva Nina Resti, Mahmud Dwi Sulistyo, dan Retno Novi Dayawati. (2014). TOOLPIS : Aplikasi Pembelajaran Kata dan Kalimat Untuk Anak Tunarungu,[Online]. Tersedia: http://si.its.ac.id/data/sisfo_data/files/11_vol5no2.pdf.

i-CHAT. (2011). Abjad jari,[Online]. Tersedia: http://id.i-chat.org/abjad/.

Ir. Rachmita MH, M.Sn. (2010). Tuna rungu yang brilian,[Online]. Tersedia: http://id.i-chat.org/artikel.

Ichsan Nur. (2010). Waterfall dan Prototyping (Metode Pengembangan Sistem),[Online]. Tersedia : http://nurichsan.blog.unsoed.ac.id/2010/11/19/metode-pengembangan-waterfall-prototyping/.

Kadir, Abdul. (2013). From zero to a pro-Pemrograman Aplikasi Android. Serang: CV Andi Offset.

Rofiandaru, M. (2013). Sistem Pembelajaran Bahasa Isyarat (SIBI) Menggunakan Metode Komunikasi Total Untuk Penyandang Tunarungu Di SLBN Semarang,[Online]. Tersedia : http://eprints.dinus.ac.id/12344/1/jurnal_12272.pdf.

Sabam Parjuangan, dan Andriyansyah. (2014). Aplikasi Pembelajaran ASL (American Sign Language) Untuk Tunarungu Wicara Berbasis Android,[Online]. Tersedia : https://fti.uajy.ac.id/sentika/publikasi/makalah/2014/(59).pdf.

Suparno. (1989). Pendekatan Komunikasi Total Bagi Anak Tunarungu.[Online]. Tersedia: http://download.portalgaruda.org/article.php?article=416899&val=445&title=PENDEKATAN%20KOMUNIKASI%20TOTAL%20BAGI%20ANAK%20TUNARUNGU

Wikipedia. (2016). Bahasa Isyarat Indonesia,[Online]. Tersedia : https://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_Isyarat_Indonesia


Article Metrics

Abstract view : 12 times| PDF (Bahasa Indonesia) : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JSiI has been indexed by :

   
   
   


Flag Counter
 
 
 
 
©2018. Sistem Informasi Universitas Serang Raya. All Rights Reserved