Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Rumah Kostt Di Sekitar Lingkungan Kampus Universitas Serang Raya Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)

  • Harsiti . Universitas Serang Raya
  • Rinny Lestari Universitas Serang Raya
  • Endah Kurniawati
  • Muhar Dizani
Abstract views: 744 , PDF downloads: 722

Abstract

Menentukan rumah kost sering menjadi kesulitan bagi mahasiswa pendatang karena lokasi kampus yang jauh dari rumah membuat mahasiswa kurang mengetahui tentang rumah kost yang pantas dan layak untuk ditinggali. Sering terjadinya ketidakcocokan antara mahasiswa dengan rumah kost yang mereka pilih mengakibatkan mahasiswa sering berpindah-pindah yang tentunya dapat menelan banyak waktu dan biaya. Untuk meminimumkan kendala tersebut diperlukan suatu sistem pendukung keputusan untuk menganalisa rumah kost yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Pada penelitian ini dibahas mengenai penerapan metode AHP. Data diperoleh dari survey yang dilakukan terhadap rumah kost di sekitar kampus. Sistem pendukung keputusan dalam pemilihan rumah kost dilakukan berdasarkan 4 kriteria yaitu harga, jarak dengan kampus, kontur bangunan serta ukuran. Hasil dari penelitian adalah sebuah analisis proses seleksi berupa nilai akhir rumah kostt sebagai rekomendasi bagi pengambil keputusan untuk memilih rumah kost yang cocok serta sesuai seperti yang diinginkan oleh mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kusrini, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Penerbit Andi : Yogyakarta, 2007.

Makassau Kasman, Penggunaan Analitycal Hierarchy Process (AHP) dalam penentuan prioritas program kesehatan (study kasus Program Promosi Kesehatan), J@TI Undip, Vol VII, No 2, Mei 2012

Harsiti, Saefudin, Rosalina, Vidila, Prototype Sistem Pendukung Keputusan Penyelaksian Atlet Berprestasi Dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP), Jurnal Sistem Informasi (JSII), ISSN : 2406-7768 Volume 1, Agustus 2014.

Saefudin, Wahyuningsih Sri, Sistem Pendukung Keputusan untuk Penilaian Kinerja Pegawai Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Pada RSUD Serang, Jurnal Sistem Informasi (JSII), ISSN : 2406-7768 Volume 1, Agustus 2014.

Amborowati Armadyah, Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Berprestasi Berdasarkan Kinerja (Studi kasus pada STMIIK AMIKOM Yogyakarta).

Arifin Zainal, Penerapan Metode Analytical Hierarchy Procces (AHP) Untuk Menentukan Sisa Hasil Usaha Koperasi Pegawai Negeri, Jurnal Informatika Mulawarman, Volume 5 No. 2 Juli 2010.

Londa Maria Adelvin, Sara Kristina, 2012, Sistem Penilaian Pejabat Struktural dengan Metode Analytical Hierarchy Procces (AHP) dan Linier Programming (Studi Kasus Analisis Evaluasi Kinerja Pejabat Struktural Universitas Flores), Seminar Nasional TEKNOIN 2012 ISBN 979-978-96964-9-8, Vol VII, No 2, Mei 2012.

Muhammad Gilang R, Taufiq Timur Warisaji, Sistem Pendukung Keputusan untuk menentukian atlet lari jarak pendek dalam mengikuti seleksi Kabupaten Jember di KONI Kabupaten Jember menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process, Skripsi/Tugas Akhir Universitas Muhammadiyah Jember., 2002.

http://teddyabout.web.ugm.ac.id/download/BAB%20II.pdf

Valzki (2005), “Sistem Informasi Jadwal Konsultasi Dokter Via Sms.” Abstraksi, Diakses 09 April 2008 .

PlumX Metrics

Published
2017-01-20
Section
Articles