RANCANG BANGUN APLIKASI BANK DATA BERBASIS WEB DI LINGKUNGAN SKPD KABUPATEN LEBAK


Riyan Naufal Hay`s(1), Ayu Purnamasari(2), Adam Maulana(3*),

(1) universitas serang raya
(2) Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Universitas Serang Raya
(3) Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Universitas Serang Raya
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak- Aplikasi Bank data yang dibangun di lingkungan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) digunakan untuk menintegrasikan data pemerintah daerah secara terpusat dan tersingkronisasi, juga sebagai manajemen arsip berkas data fisik ke digital pada setiap SKPD, yang dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lebak (DISKOMINFO), Penelitian ini bertujuan untuk mempermudah setiap SKPD dalam memberikan informasi data pemerintahan yang bersifat publik kepada SKPD lain. Penelitian ini dikembangkan dengan berbasis web menggunakan framework yii dan database MySQL. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode observasi, kuisioner dan wawancara. Observasi, kuisioner dan wawancara dilakukan kepada pegawai DISKOMINFO Kabupaten Lebak dengan jabatan Staff IT. Data lalu dianalisis sehingga menghasilkan rancangan sistem dengan menggunakan metode Unifield Modelling Language (UML).Penelitian dilakukan di DISKOMINFO Kabupaten Lebak tanggal 30 Maret 2017 sampai 31 Agustus 2017. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan sistem informasi bank data untuk menintegrasikan data secara terpusat dan manajemen arsip data fisik ke digital.

 

Kata kunci : Aplikasi, Arsip, Bank data, Web


References


. Amin Sukron, Siahaan Kondar. (2016). "Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Arsip Berbasis Web Pada Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Kabupaten Tebo”. Jurnal Manajemen Sstem Informasi Vol. 1, No. 1.

. Christianti,Meliana. (2008). Konsep Praktis Sistem Pengarsipan dan Akses. Bandung: Informatika.

. Irwanto, Djon. (2005). Perancangan Object Oriented Software dengan UML. Jakarta: Andi Publishing.

. Latif Fauziah, Pratama Aditya Wirangga. (2015). "Perancangan Sistem Informasi Manajemen Arsip Elektronik (E-Arsip) Berbasis Microsoft Acces Pada PT. HI-TEST”.Batam: Politeknik Negeri Batam.

. Nuraisah. (2014). "Perencanaan Pengembangan Sistem Informasi Pembayaran Uang Kuliah Dengan Metode SDLC Waterfall". Jurnal Teknologi dan Rekayasa Vol. 19, No. 3.

. Pascapraharastyan, R. A, Supriyanto,Antok dan Sudarmaningtyas,Pantjawati. (2014). "Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Arsip Rumah Sakit Bedah Surabaya Berbasis Web". Jurnal Sistem Informasi(JSIKA) Vol. 3, No. 1.

. Puspita Sari, M. (2014). "Sistem Informasi Bank Data dan Penelusuran Tugas Akhir dan Skripsi Berbasis Web (Studi Kasus STMIK PRINGSEWU)".Lampung: STMIK PRINGSEWU.

. Sawitri Isma, Sinaga Tantri Hidyati. (2014). "Sistem Informasi Manajemen Arsip Penelitian".Medan: STT Harapan Medan.

. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

. Sucipto. (2011). Konsep dan Teknik Pengembangan Sistem Berbasis Teknologi Informasi. Banten: Dinas Pendidikan Provinsi Banten.

. Sharive. (2014). Proyek Membangun Website dengan Yii Framework. Jakarta: Lokomedia.


Article Metrics

Abstract view : 59 times| PDF (Bahasa Indonesia) : 115 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

JSiI has been indexed by :

top top top 
top top top 
top top top 


© All rights reserved 2018. JSiI Jurnal Sistem Informasi, Universitas Serang Raya