Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Smartphone dengan Menerapkan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

  • Harsiti Harsiti universitas serang raya
  • Henri Aprianti Universitas Serang Raya
Abstract views: 4203 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 14721

Abstract

Abstrak - Perkembangan dan penjualan smartphone di pasaran semakin marak dan bersaing dengan segala  macam fitur yang tersedia, sehingga konsumen sering kali dihadapkan pada permasalahan-permasalahan diantaranya kesulitan dalam pemilihan smartphone. Hal ini disebabkan bermunculan smartphone dengan kemampuan yang menarik, harga relatif murah dan fasilitas penunjang lainnya. Pemilihan smartphone dapat ditentukan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan diantaranya harga, RAM, Memory Internal, Fasilita Kamera dan Ukuran Layar. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem pendukung keputusan pemilihan smartphone  dengan menerapkan metode simple additive weighting (SAW), sehingga dapat memberikan solusi terhadap konsumen untuk memilih smartphone. Perancangan sistem pendukung keputusan pemilihan smartphone ini menggunakan pendekatan berorientasi kepada objek yaitu dengan menggunakan Unified Modelling Language (use case diagram, activity diagram, class diagram, sequence diagram dan collaboration diagram). Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah aplikasi sistem pendukung keputusan pemilihan smartphone yang dapat membantu konsumen melakukan pemilihan smartphone sesuai dengan keinginan dan  kebutuhan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan.

 

Kata kunci  :  Pemilihan Smartphone, Simple Additve Weighting (SAW), Kriteria.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, Alan Nur. (2011) “ Jago Php dan MySQL” Bekasi : Dunia Komputer.

Eniyati, Sri. (2011) “Perancangan Sistem Pendukung Pengambilan keputusan Untuk Penerimaan Beasiswa Dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting)”. Jurnal Teknologi Informatika DINMIK Volume 16,

No.2, Juli 2011 : 171-176

Havilludin. (2011) “Memahami Pengguna UML (Unified Modelling Languange)”. Samarinda : Jurnal Informasi Mulawarman Vol. 6 No.1 Februari 2011.

Kamaludin, Asep. (2012) “Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Alternatif alat Kontrasepsi Menggunakan Simple Additive Weighting”. Bandung : Jurnal Telah Dimunaqosahkan 30 april 2012 - Jurusan Teknik Informatika UIN sqd Bandung.

Maulana, Much. Rifqi. (2012) “Penilaian Kinerja Karyawan di Infun Jaya Textile Dengan Metode Fuzzy Simple Additive Weighted”. Pekalongan : Jurnal Ilmiah ICTech Vol. X No 1 Januari 2012.

Sandika, ian Gatra, dkk. (2014) “Penentuan Karakteristik Pengguna Sebagai Pendukung Keputusan Dalam Memilih Smartphone Menggunakan Metode Forward Chaining”. Yogyakarta : Prosiding Snatif ke-1 Tahun2014.

Siregar, Choirotunisah. (2014) “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Handphone Bekas Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)”. Medan : Pelita Informatika Budi Darma, Volume : VI, Nomor 1, Maret 2014.

Wedhasmara, Arie dan Jasmo, Ari Wibowo. (2010) “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pembelian Kendaraan Bermotor Dengan Metode SAW”. Palembang : Jurnal Sistem Informasi (JSI), Vol, 2, No. 2, Oktober 2010. Hal 246-257

PlumX Metrics

Published
2017-10-12
Section
Articles