RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SUPPLIER MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHT

  • Diki Susandi Universitas Serang Raya
  • Hibia Lia Anita Universitas Serang Raya
Abstract views: 579 , PDF downloads: 489

Abstract

Abstrak - Pemilihan supplier merupakan salah satu aktivitas penting di dalam kegiatan perusahaan. Pemilihan supplier menjadi salah satu bagian kritis dalam aktifitas pembelian karena berdampak pada kualitas dan ketersediaan bahan baku, efisiensi biaya produksi dan kelancaran sirkulasi keuangan perusahaan. PT. Nikomas Gemilang merupakan salah satu produsen sepatu kualitas kelas dunia. Banyaknya supplier pada PT. Nikomas Gemilang membuat team purchasing kesulitan menentukan supplier mana yang memiliki performasi baik dari segi harga, kualitas dan kuantitas bahan baku. Selain itu, dalam memilih supplier pihak team purchasing  masih menggunakan cara subyektif yaitu dengan berdasarkan pengalaman menjadi mitra kerja dan kedekatan dengan orang orang yang berpengaruh pada PT. Nikomas Gemilang. Sistem pendukung keputusan adalah proses pengambilan keputusan dibantu menggunakan komputer untuk membantu pengambil keputusan dengan menggunakan beberapa data dan model tertentu untuk menyelesaikan beberapa masalah yang tidak terstruktur. Metode dalam pengembangan sistem pendukung keputusan menggunakan metode simple additive weight (SAW). Perancangan sistem menggunakan use case diagram. Hasil penelitian dapat langsung diterapkan dalam proses pemilihan supplier berdasarkan kriteria yang telah ditentukan.

 

Kata Kunci— Sistem Pendukung Keputusan, Simple Additive Weight, Supplier, Use Case Diagram, Kriteria.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Diki Susandi, Universitas Serang Raya
Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi
Hibia Lia Anita, Universitas Serang Raya
Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi

References

Referensi

[1] Setiawan, Agung, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Material Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (Studi Kasus : PT. Ajinomoto Indonesia Mojokerto Factory)”, Thesis, Sistem Informasi, ITS, Surabaya, 2010.

[2] EL Ruskan, A Ibrahim, DC Hartini “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Hotel Di Kota Palembang Dengan Metode Simple Additive Weighting(SAW)” Jurnal Sistem Informasi (JSI), Vol. 5, No. 1, April 2013.

[3] Setiaji, Pratomo, “Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode Simple Additive Weighting,” Jurnal Simetris Vol.1 No.1 Universitas Muria Kudus, Kudus, 2012, ISSN 2252-4983 e-ISSN 2549-3108.

[4] GW, Sasmito “Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal “ Jurnal Pengembangan IT (JPIT), Vol.2, No 1, 1 Januari 2017, ISSN: 2477-5126 e-ISSN: 2548-9356.

[5] Eniyati, S. (2011). Perancangan Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan untuk Penerimaan Beasiswa dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting). Dinamik, 16 (2). Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti1/article/view/364

PlumX Metrics

Published
2019-09-01
Section
Articles