SISTEM SELEKSI RELAWAN TENAGA PENGAJAR MENGGUNAKAN METODE TOPSIS

  • Haris Triono Sigit Universitas Serang Raya
  • Tio Rieka Okta Friyansyah Universitas Serang Raya
Abstract views: 325 , PDF downloads: 361

Abstract

Abstrak - Setiap organisasi melakukan proses seleksi untuk memperoleh sumber daya manusia yang diharapkan. Demikian pula pada proses rekrutmen relawan tenaga pengajar di Yayasan Istana Belajar Anak Banten (ISBANBAN), proses seleksi dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa kriteria, yaitu : Kesiapan Mengabdi Selama 1 tahun, Leadership, Pendekatan terhadap anak dan Karakter Pribadi.  Pada proses recruitment  yang sedang berjalan, bagian Open Recruitment  masih menggunakan penghitungan dengan cara konvensional sehingga hasil penilaian menjadi tidak objektif. Agar mendapatkan hasil penilaian yang objektif maka perlu dilakukan penghitungan dengan menggunakan salah satu metode Sistem Penunjang Keputusan. Pada penelitian ini metode yang digunakan untuk seleksi calon relawan tenaga pengajar adalah metode Technique For Order Preference By Similarity To Ideal Solution (TOPSIS). Metode ini mampu melakukan penilaian yang objektif dan menghasilkan suatu rekomendasi yang dapat digunakan oleh bagian Open Recruitment untuk memutuskan calon relawan tenaga pengajar yang layak dan sesuai dengan kriteria yang diharapkan.

 

Kata kunci - Yayasan Isbanban, Seleksi, Relawan Tenaga Pengajar, Sistem Penunjang Keputusan, TOPSIS.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Haris Triono Sigit, Universitas Serang Raya
Fakultas Teknologi Informasi

References

Referensi

[1] (2019) Website Yayasan Istana Belajar Anak Banten. [Online]. Tersedia : https://isbanban.org/about.

[2] Sparague, R. H. and Watson H. J. 1993. Decision Support Systems: Putting Theory Into Practice. Englewood Clifts, N. J., Prentice Hall.

[3] Turban , Efraim & Aronson, Jay E. 2001. Decision Support Systems and Intelligent Systems. 6th edition. Prentice Hall: Upper Saddle River, NJ.

[4] Kusumadewi, Sri; Hartati, Sri; Harjoko, Agus; dan Wardoyo, Rentyanto. 2006. Fuzzy Multi Attribute Decision Making (Fuzzy MADM), Graha Ilmu,Yogyakarta.

[5] Fristy Riandari, Paska Marto Hasugian, Insan Taufik. 2017. Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Topsis Dalam Memilih Kepala Departemen Pada Kantor Balai Wilayah Sungai Sumatera II Medan. Journal Of Informatic Pelita Nusantara e-ISSN 2541-3724, Volume 2 No 1.

PlumX Metrics

Published
2019-09-01
Section
Articles