Main Article Content

Desmira Desmira
Rizal Fauzi

Abstract

Matematika adalah salah satu pelajaran yang sulit dipahami secara cepat. Dibutuhkan pemahaman dan waktu yang ekstra bila ingin menguasai setiap materi pelajaran matematika. Membawa buku kemana-mana, mencatat setiap rumus, tidak menutup kemungkinan bahwa buku catatan akan selalu ada dan tidak rusak. Kegiatan yang terus menerus dilakukan seperti itu akan membuat siswa merasa bosan dan tidak semangat dalam belajar matematika.Kini hampir setiap siswa memiliki smartphone. Smartphone dengan sistem operasi androidkini marak dipergunakan oleh banyak orang. Oleh karena itu, penulis membuat aplikasi rumus matematika matriks dan trigonometri berbasis android. Proses pembuatan aplikasi ini menggunakan eclipse sebagai editor program dan aplikasi coreldraw x6 sebagai editing gambar. Aplikasi ini dibuat sebagai alat bantu siswa dalam menghafal rumus matematika, terutama dalam materi trigonometri dan matriks. Aplikasi ini bersifat offline, sehingga memudahkan siswa tanpa harus terkoneksi internet.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Aprilianti, dkk. 2013. Aplikasi Mobile Game Edukasi Matematika Berbasis Android

Application Of Education Mobile Games For Math Based On Android. September 2013: 2338-6304. Dilihatya.com. 2014. Pengertian Metode
Menurut Para Ahli. Diambil dari: http://dilihatya.com/879/pengertian-metodemenurut-para-ahli. (15 Januari 2015)

Dilihatya.com. 2014. Pengertian Algoritma Menurut Para Ahli. Diambil dari:http://dilihatya.com/1172/pengertian-algoritmamenurut-para-ahli. (15 Januari 2015)

Herdiana. 2014. Aplikasi Rumus Matematika SMA Berbasis Mobile. Februari 2014: 2089-9033.

M. Shalahuddin dan Rossa A.S. 2014. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Muyassar. 2015. Apa Itu OOP (Object Orientation Programming). Diambil dari: http://www.updateilmu.com/apa-itu-oop-object-orientedprogramming/. (14 Januari 2015)

Nazruddin Safaat H. 2012. Pemrograman Aplikasi MobileSmartphone dan Tablet PC Berbasis Android

Rahayu, dkk. 2010. Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika Siswa pada Materi Trigonometri

Rumus-Rumus Segitiga di Kelas X SMA Negeri 50 Jakarta. Vol. 9:1412-8632.

Shalahuddin, Muhammad & Rosa Ariani S, 2011. Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Bandung:Modula.

Vicky. 2012. Pengertian Pemrograman JavaKelebihan dan Kekurangan. Diambil dari: http://belajar-komputer-mu.com/pengertianpemrograman-java-kelebihan-dan-kekurangan/. (22 Januari 2015)

Widodo, Prabowo Pudji & Herlawati, 2011. Menggunakan UML. Bandung: Informatika.