Main Article Content

Vidila Rosalina
Thoha Nurhadiyan

Abstract

Dalam dunia pengobatan modern hubungan konsumen dan rumah sakit kadang merupakan hubungan yang tidak berimbang. Seringkali konsumen berada pada posisi yang tidak memiliki pilihan lain dalam berobat. Mengubah pandangan tentang nilai pelanggan bagi rumah sakit membutuhkan pengertian dan perubahan budaya di dalam organisasi. Dukungan dan pemanfaatan teknologi informasi juga merupakan faktor yang dapat membantu kegiatan pelayanan, penjualan dan pemasaran rumah sakit. Dengan memadukan konsep Customer Relationship Management dan konsep pelayanan pelanggan yang baik, penelitian ini berguna untuk membantu Rumah Sakit dalam menciptakan sebuah Sistem Informasi Pelayanan Pelanggan Berbasis e-CRM. Peneliti menggunakan Zachman Frameworks dalam pengembangan sistem informasi berbasis e-CRM yaitu dengan melakukan identifikasi pelanggan Rumah Sakit Krakatau Medika (RSKM), menentukan saluran komunikasi yang sesuai dalam hal ini adalah Internet dan layanan SMS, membentuk pusat informasi pelayanan pelanggan, membangun budaya perusahaan, dan membangun personal CRM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelanggan RSKM selama ini berasal dari kalangan profesional berusia dewasa - tua yang berasal dari wilayah sekitar RSKM. Model reservasi online, customer service online, dan layanan pelanggan berbasis SMS merupakan bagian e-CRM untuk meningkatkan pelayanan pelanggan RSKM yang dapat membantu dalam megidentifikasi pasien, melakukan retensi pasien, dan memberikan layanan kepada pasien yang just in time.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Cook, Melissa A. (1996), Building Enterprise Information Architectures, Prentice Hall
Osvalds, G. (2001). Definition of Enterprise Architecture – Centric Models for The Systems Engineers, TASC Inc.
Radwan, A., and Majid Aarabi (2011), Study of Implementing Zachman Framework for Modeling Information Systems for Manufacturing Enterprises Aggregate Planning, Proceedings of the 2011 International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, January 22 – 24, Kuala Lumpur, Malaysia.
Rosalina, Vidila, 2011, Pemodelan CRM pada Perusahaan Tour and Travel Agent, Jurnal PROTEKSI ISSN 2088-8546, Volume 1, No 1, 1 Agustus 2011.
Rosalina, Vidila, 2013, Zachman Framework for Modelling CRM in PT.Lottechem, Tbk., International Journal of Engineering Associates (IJEA) ISSN 2320-0804, Volume 2 Issue 7 (November 2013).
Rosalina, Vidila, 2015, Perancangan Infrastruktur Jaringan Komputer E-Learning Pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Kota Serang, Jurnal PROSISKO (Pengembangan Riset dan Observasi Sistem Komputer) ISSN 2406-7733, Vol 2 No 1 Maret 2015.
Zachman, J.A., 12 Agustus 2012, John Zachman's Concise Definition of the Enterprise Framework, http://www.zahman.com/aboutthe-zachman-framework.
Zifa, Zachman Framework, www.zifa.com
Zikmund William G., McLeod. Raymond Jr, dan Gilbert, 2003. Customer Relationship, Management, Integrating Marketing Strategy and Information Technology, International Edition, Wiley.
www.zachmanframeworkassociates.com