Main Article Content

Fitria Purwaningsih
Desmulyati Desmulyati

Abstract

Perkembangan perangkat mobile phone yang dikenal dengan telepon genggam atau telepon seluler pada teknologi informasi dan komunikasi saat ini semakin marak. Dimana telepon seluler juga menyediakan media komunikasi yang beragam, salah satunya adalah SMS. Penggunaan SMS menjadi populer di kalangan masyarakat karena dengan begitu mudahnya dapat saling bertukar informasi tanpa batasan jarak dan waktu. Celah keamanan terbesar pada komunikasi via SMS adalah pesan yang dikirimkan akan disimpan di SMSC (Short Message Service Center), yaitu tempat dimana SMS disimpan sebelum dikirim ke tujuan. Pesan yang sifatnya plaintext ini dapat disadap oleh siapa saja yang berhasil memiliki akses ke dalam SMSC. Manfaat dari metode enkripsi digunakan untuk menjaga keamanan data pada pesan teks yang tersimpan di dalam memori ponsel agar terhindar dari pembajakan oleh pihak yang tidak diinginkan dan data-data yang dikirimkan diubah sedemikian rupa sehingga tidak mudah disadap. Menggunakan Algoritma Huffman untuk mengkodekan setiap karakter ke dalam representasi bit. Aplikasi ini diterapkan pada perangkat Android, menggunakan bahasa pemrograman Java, dengan tools system UML (Unified Modeling Language), untuk membangun aplikasi pengamanan SMS yang mampu mengenkripsi dan dekripsi pesan teks sesuai algoritma yang diterapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Arryawan Eko dan SmitDev Community. 2010. Mengatasi Investigasi Komputer Forensik.Jakarta: PT. Elex Media Komputindo. (4 Agustus 2015)
Ayuliana. 2009. Testing dan Implementasi. https://www.google.com.sg/search?q=jurnal+n+pengamanan+sm&oq=jurnal+issn+&aqs=chrome.0.69i59l3j69i57.4165j0j 9&sourceid=chrome&es_sm=93&ie=UTF8#q=buku+ayuliana+tentang+blackbox. (17 Agustus 2015)
Huda, Arif Akbarul. 2009. Aplikasi Android Buatan Sendiri. Yogyakarta: CV. Andi Offset
Juju, Dominikus dan Matamaya Studio.2009.Teknik Menangkal Kejahatan Internet Untuk Pemula. Jakarta:PT.Elex media Komputindo. (4 Agustus 2015)
Nugroho, Heru. 2015. Matematika Diskrit dan Implementasinya Dalam Dunia Teknologi. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Primartha, Rifkie. 2011. Penerapan Enkripsi Dan Dekripsi File Menggunakan Algoritma Data Encryption Standard (DES). ISSN : 2085-1588. Palembang: Jurnal Sistem Informasi (JSI), VOL. 3, NO. 2, Oktober 2011: 371-387. http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jsi/index. (21 Mei 2015)
Safaat, Nazruddin. 2014. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android.Bandung Informatik