PEMBELAJARAN ALAT MUSIK KENDANG PADA KESENIAN BELUK BERBASIS GAME

Penulis

  • Ahmad Dedi Jubaedi Universitas Serang Raya
  • Rizky Eka Putra Universitas Serang Raya

Abstrak

Kesenian merupakan warisan nenek moyangyang harus tetap di jaga dan dilestarikan. Kemajuan teknologi telah menggusur nilai seni menjadi tersingkirkan dan sudah tidak dikeal lagi. Perkembangan game berbasis mobile semakin banyak dikembangkan, tidak saja anak-anak sampai orang tua sekalipun banyak menggunakan game pada gadget yang dimilikinya. Kurangnya aplikasi game berbasis Pendidikan dan belum adanya sarana untuk melestarikan kesenian beluk menjadi hal yang igin di teliti lebih dalam. Hasil penelitian ini adalah aplikasi game sebagai media pembelajaran alat kesenian kendang pada kesenian beluk.

 

Kata Kunci:Game Pendidikan, kesenian beluk, kendang digital, Pelestarian kebudayaan, Media Pembelajaran

Referensi

Yudhi Munadi, Media Pembelajaran

sebuah pendekatan baru, Gaung Persada

Press, Jakarta, 2009.

Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2011

Ivan C Sibero, Membuat model dan animasi trasformers dengan 3 ds max, Media Kom,

Samuel Henry, Membuat Game dengan FPS Creator, Graha Ilmu

Fauzia A, John Naisbitt, China's Megatrends: The 8 Pillars of a New Society. HarperCollins, 2010

Sutopo, Luther, MDLC Pengembangan aplikasi multimedia

Ridwan Hutagalung, Blog https://mooibandoeng.com/2013/06/26/ngan jang-ka-dayeuhkolot-banjaran, 2011

Satriadi, Yudi Putu, Seni beluk dan fungsinya di masyarakat, Linguart, Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra dan Seni Vol.III No.1, 1-12, Januari 2008

Jubaedi, Ahmad Dedi, Perancanangan

Aplikasi Pengenalan Alat Kesenian

Patingtung Berbasis Multimedia, Jurnal Sains dan Teknologi, Universitas Banten Jaya, Vol.1 No.1, 2018.

Diterbitkan

2018-11-01