Pencarian Jalur Terdekat dengan Metode A*(Star) Studi Kasus Serang Labuan Provinsi Banten
Abstract
ABSTRAKS
Banten adalah provinsi yang bisa di bilang baru di bandingkan provinsi provinsi lainya, namun banten memiliki beberapa tempat tempat wisata yang menarik dan patut di kunjungi , banten pun memiliki beberapa tempat industri seperti indahkiat,nikomas di daerah banten ini ada beberpa titik tempat kemacetan seperti pasar baros dan pasar pandeglang, jika melintasi tempat ini di hari libur seperti sabtu dan minggu macet hingga berkilo kilo meter yang tadinya dapat di tempuh labuan serang hanya satu jam setengah, jika mengalami kemacetan bisa sampai 2 sampai 2 jam setengah,daerah banten memiliki jalan alternatif maka dari itu permasalahan tersebut dapat di pecahkan dengan metode A*STAR yang dapat membaca jalur terdekat. Algoritma A* (Astar) merupakan salah satu algoritma yang termasuk dalam kategori metode pencarian yang memiliki informasi (informed search method). Algortima ini sangat baik sebagai solusi proses pathfinding (pencari jalan). Algoritma ini mencari jarak rute tercepat yang akan ditempuh suatu point awal (starting point) sampai ke objek tujuan. Teknik pencarian yang digunakan dalam simulasi ini adalah menggunakan Algoritma A* dengan fungsi heuristic manhattan distance. Simulasi dilakukan dengan bahasa pemrograman Java. Tujuan utama penelitian ini mempelajari cara kerja algoritma A* dalam mencari jarak tercepat, yang disimulasikan seperti kondisi ketika seorang mencari rute dalam keadaan jalanan macet. Simulasi ini memberikan gambaran yang lebih realistis terhadap perilaku algoritma A dalam pencarian jarak tercepat, dan untuk itu, akan dibangun sebuah aplikasi sebagai pendukung proses simulasi tersebut.
Kata Kunci: Algoritma, A-star, simulasi, rute
References
Brourg, David. Seeman,Glenn. (2004). AI For Game Developers.O’Reilly Inc : United States of America.
Madhav, Sanjay. Game Programming Algorithms and Techniques.Addison Wesley : United State.
Netbeans (2013). Documentation,Training,&Support. “A* search algorithm”. Wikipedia . Web . 22 May 2014.
http://en.wikipedia.org/wiki/A*_search_algorithm “Amit’s Thoughts on Pathfinding. Web . 31 May 2014.
http://theory.stanford.edu/~amitp/Game Programming/AStarComparison
Eranki,Ranjiv. Pathfinding using A* (A-Star) . 2002 . Web. 31 May 2014. http://web.mit.edu/eranki/www/ “Simulation”. Wikipedia . Web . 24 April 2014.
http://en.wikipedia.org/wiki/Simulation
Norvig,Peter. Russell,Stuart. Artificial Intelligence A Modern Approach Second Edition. Prentice Hall :United State