SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN APLIKASI PEMILIHAN GAME ANDROID UNTUK ANAK USIA DINI

Authors

  • Miftahul Mu'alimin Universitas Narotama Surabaya
  • Latipah Universitas Narotama

DOI:

https://doi.org/10.30656/jsii.v8i1.3027

Abstract

Abstrak - Bermain game tidak hanya mendapatkan kesenangan semata namun dapat dipakai sebagai salah satu metode untuk pembentukan karakter, dan pembelajaran anak usia dini. Perkembangan game saat ini memang sangat pesat, berawal dari game konsol seperti (Game boy, SEGA, PS 1, PS 2, Xbox 360), hingga muncul game dengan sistem android. Banyaknya game yang beredar pada masyarakat menimbulkan masalah, terutama dalam pemilihan game dengan kriteria dan kebutuhan yang tepat untuk anak usia dini. Pemilihan sebuah game untuk anak usia dini dapat dilihat dari spesifikasi, jumlah pemain, harga, dan jenis gamenya. Mengkombinasikan semua hal tersebut bukanlah hal yang mudah, apalagi banyaknya game yang muncul saat ini membutuhkan waktu yang lama untuk menemukan game yang sesuai. Perancangan aplikasi Sistem Pendukung Keputusan (SPK) pemilihan game android untuk anak usia dini ini menggunakan metode Technique for Order Preference by Similiarty to Ideal Solution (TOPSIS) berdasarkan beberapa kriteria yaitu rating game, tanggal rilis, jumlah download, harga item termurah, dan ukuran download. Aplikasi yang dirancang bertujuan untuk membantu pemain memilih game dengan tepat dan cepat. Hasil rancangan aplikasi ini diharapkan dapat membantu para pengguna khususnya orang tua untuk memilih game terbaik untuk anak-anak mereka. Diharapkan hasil rancangan ini kemudian akan dilanjutkan dengan membangun aplikasi SPK sehingga dapat bermanfaat untuk para pencinta game

 

Kata kunci : Anak, android, game, SPK, Topsis.

 

Downloads

Published

2021-03-11

Issue

Section

Articles