Main Article Content

Riyan naufal Hay’s
Anharudin .
Reza Adrean

Abstract

CV Agung Youanda merupakan perusahaan yang bergerak dibidang penjualan berbagai jenis baja. Beberapa kendala yang sering terjadi di sana yaitu sering terjadinya selisih dalam pencatatan antara barang masuk dan keluar. Selain ini, pada persediaan barang sering terjadi penumpukan barang yang tidak terjual. Single Moving Average (SMA) adalah suatu metode peramalan yang dilakukan dengan mengambil sekelompok nilai pengamatan, mencari  nilai rata-rata tersebut sebagai ramalan untuk periode yang akan datang. Pada peneliti ini digunakan metode SMA dalam memecahkan masalah prediksi persediaan barang pada periode selanjutnya. Selain itu tujuan penelitian ini adalah untuk menyediakan sebuah sistem informasi inventori yang sudah terkomputerisasi sehingga dapat mengurangi tingkat kesalahan dalam selisih perhitungan data barang yang sering terjadi pada CV.Agung Youanda

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
[1] Budiman, A., & Mulyani, A. (2016)." Rancang Bangun Aplikasi Sistem Informasi Persediaan Barang Di TB.Indah Jaya Berbasis Desktop". Jurnal Algoritma, 374-378.

[2] Ginting, R. (2007). Sistem Produksi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

[3] Gusdian, E., Muis, A., & Lamusa, A. (2016). "Peramalan
Permintaan Produk Roti Pada Industri "Tiara Rizki" Di Kelurahan Boyaoge Kecamatan Tatanga Kota Palu". Jurnal Agrotekbis, 97-105.
[4] Hermawati, F. A. (2013). Data Mining. Yogyakarta: ANDI OFFSET.

[5] Kadir , A. (2010). Mudah Mempelajari Database Mysql. Yogyakarta: ANDI OFFSET.

[6] Kadir, A. (2003). Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: ANDI OFFSET.

[7] Kadir, A. (2014). Buku Pintar Pemrograman Delphi. Yogyakarta: MediaKom.

[8] Kusnassriyanto. (2011). Belajar Pemrograman Delphi. Bandung: Modula.

[9] Partono, Destiani, D., & Noviandi, B. M. (2012). "Perancangan Sistem Informasi Inventori Barang Di Bank Sampah Garut". Jurnal Algoritma, 1-13.

[10] Putra, A. S., & Febriani, O. M. (2013). "Sistem Informasi Monitoring Inventori Barang Pada Balai Riset Standarisasi Industri Bandar Lampung". Jurnal Invormatika, 90-98.

[11] Yudi, P. (2014). Kolaborasi SQL dan ERD Dalam Implementasi Database. Yogyakarta: Andi Offset.

[12] Yuniastari, N. A., & Wirawan, I. W. (2014). "Peramalan Permintaan Produk Perak Menggunakan Metode Simple Moving Average Dan Exponential Smoothing". Jurnal Sistem dan Informatika , 97-106.