Analisis Faktor-Faktor Pada Perguruan Tinggi Yang Diminati Masyarakat

  • Denny Kurnia Universitas Serang Raya
  • Deviyantoro Universitas Serang Raya
Abstract views: 116 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 305

Abstract

Penelitian ini bermaksud memahami faktor-faktor apa saja pada perguruan tinggi yang diminati masyarakat. Populasi penelitian ini adalah masyarakat Banten dengan sampel sebanyak 159. Data pada penelitian ini adalah persepsi masyarakat dalam bentuk pernyataan-pernyataan tertulis mengenai kriteria perguruan tinggi. Untuk mengambil data digunakan angket sederhana yang dirancang sendiri oleh peneliti. Teknik Analisis Data. Data yang sudah terkumpul akan dimasukkan ke dalam tabel distribusi frekuensi. Kemudian, data-data dalam tabel ini akan diinterpretasikan secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa persepsi masyarakat 80,9%, berminat untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Persepsi masyarakat faktor-faktor perguruan tinggi yang diminati adalah perguruan tinggi yang dosennya profesional, perguruan tinggi yang lulusannya dijamin kerja, perguruan tinggi yang fasilitas belajarnya lengkap. Informasi tentang perguruan tinggi yang didapatkan oleh masyarakat untuk memilih perguruan tinggi didapatkan melalui teman atau saudara yang memberikan informasi, informasi dari iklan di internet, dan informasi dari brosur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambarwati, M., Sunarti, & Mawardi, M. K. (2015). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli (Survei Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Yang Menggunakan Pasta Gigi Pepsodent). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 25(1), 1-7
Chen, C.-H., & Zimitat, C. (2006). Understanding Taiwanese students’ decision-making factors regarding Australian international higher education. International Journal of Educational Management, 20(2), 91-100. doi:10.1108/09513540610646082
Fakhri, M., Gilang, A., & Ratnayu, N. (2017). Analisis Faktor Pembentuk Keputusan Pemilihan Perguruan Tinggi Swasta Universitas Telkom (Studi Pada Mahasiswa Prodi S1 Administrasi Bisnis Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom Angkatan 2016. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 11(1), 1-12.
Komariah, Aan & Satori, Djam’an. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Fakhri, M., Gilang, A., & Ratnayu, N. (2017). Analisis Faktor Pembentuk Keputusan Pemilihan Perguruan Tinggi Swasta Universitas Telkom (Studi Pada Mahasiswa Prodi S1.
Ming, J. S. K. (2010). Institutional Factors Influencing Students’ College Choice Decision in Malaysia: A Conceptual Framework. International Journal of Business and Social Science, 1(3), 53-58.
Slameto.2010. Belajar Dan Factor-Faktor Yang Mempengaruhi. Bandung: Rineka Cipta
Sidin, S. M., Hussin, S. R., & Soon, T. H. (2003). An Exploratory Study of Factors Influencing the College Choice Decision of Undergraduate Students in Malaysia. Asia Pacific Management Review, 8(3), 259-280.

PlumX Metrics

Published
2023-07-13
Section
Articles