Persepsi Mahasiwa Mengenai Wawasan Kebangsaan Dan Toleransi Terhadap Radikalisme Di Jabodetabek Dan Bandung

  • Yasyfa Fitri Nandasari Magister Ilmu Komunikasi, Telkom University Bandung, Indonesia
  • Dita Isnata Magister Ilmu Komunikasi, Telkom University Bandung, Indonesia
  • M Irvan Magister Ilmu Komunikasi, Telkom University Bandung, Indonesia
Abstract views: 346 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 505
Keywords: National Insight, Tolerance, Radicalism, Perception, Multiple Regression Analysis

Abstract

Masalah: Indonesia adalah Negara yang multicultural, setiap golongan masyarakat memiliki latar belakang, sudut pandang dan pemikiran yang berbeda-beda yang menyebabkan berbagai permasalahan seperti toleransi, radikalisme dan lain-lainya dari berbagai permasalahan tersebut penelti merangkum ke dalam Nasionalisme.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pandangan  Mahasiswa di JABODETABEK dan Bandung mengenai Wawasan Kebangsaan dan Toleransi Terhadap Radikalisme

Metodologi: Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deksriptif, pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner yang dibagikan melalui google form untuk mempermudah akses penyebaran, dengan menggunakan teknik sampel Random sampling. Penelitian ini menggunakan uji analisis regresi berganda  untuk menguji secara simultan dan parsial variabel X1 (Wawasan Kebangsaan) dan X2 (Toleransi) terhadap Y (Radikalisme)

Temuan/Hasil Penelitian: Hasil pengolahan data menggunakan analisis statistik deskriptif memperoleh hasil uji T membuktikan bahwa Variabel X1 secara parsial berpengaruh terhadap Variabel Y dengan nilai sebesar 2,265, sedangkan hasil uji T membuktikan bahwa variabel X2 secara parsial berpengaruh terhadap Y dengan nilai sebesar 1,158 dan uji F membuktikan bahwa berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap variabel Y dengan koefisien determinasi sebesar 0,510 sedangkan sisanya sebesar 0,490 dipengaruhi oleh faktor lainnya.                                                                                        

 Jenis penelitian: Kuantitatif Deskriptif

Kata kunci :  Analisis Regresi Berganda, Persepsi, Radikalisme, Toleransi, Wawasan Kebangsaan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ancok, D., & Suroso, F. N. (2004). Psikologi Islami: Solusi Islam atas Problem-Problem Psikologi. Pustaka Pelajar.

A.S. Hornby. (2000). Oxford Advanced Learner’s Dictionary. Oxford University Press.

Budijanto, O. W., & Rahmanto, T. Y. (2021). Pencegahan Paham Radikalisme Melalui Optimalisasi Pendidikan Hak Asasi Manusia di Indonesia. Jurnal HAM, 12(1), 57. https://doi.org/10.30641/ham.2021.12.57-74

Fealy, G., & White, S. (2012). Ustadz Seleb, Bisnis Moral dan Fatwa Online, Ragam Ekspresi Islam Indonesia Kontemporer (A. Muhajir, Ed.). Komunitas Bambu.

Fitriani, S. (2020). Keberagaman dan Toleransi Antar Umat Beragama. 20.

Kriyantono, R. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasarsan. Kencana.

Martodirjo, H. S. (2008). Implementasi Pancasila dalam Menumbuhkembangkan Wawasan Kebangsaan. Jurnal Ketahanan Nasional.

Masykuri, A. (1999). Islam, Masyarakat Madani, dan Demokrasi (Sudarno Shobron, Ed.). Muhammadiah University Press.

McCauley, C., & Moskalenko, S. (2008). Mechanisms of political radicalization: Pathways toward terrorism. Terrorism and Political Violence, 20(3), 415–433. https://doi.org/10.1080/09546550802073367

Michael Cross. (2013). Pengertian Media Sosial Secara Istilah. Refika Aditama.

Riniti Rahayu, L., & Surya Wedra, L. P. (2020). Potensi Peran Perempuan Dalam Mewujudkan Moderasi Beragama Di Indonesia. Jurnal Ilmu-Ilmu Budaya, 86.

Takdir Ilahi, M. (2012). Nasionalisme dalam Bingkai Pluralitas Bangsa, Paradigma Pembangunan & Kemandirian Bangsa. AR-RUZZ MEDIA.

Thompson C. (2011). Critical Thinking across the Curriculum: Process over Output. International Journal of Humanities and Social Science, 1.

Tjokromidjojo, B. (1976). Pengantar Administrasi Pembangunan. LP3ES.

Widhiyana, M. (2022). Implementasi Moderasi Beragama Dalam Meningkatkan Kesadaran Hukum Masyarakat Terhadap Pencegahan Paham Radikalisme. In Tahun (Vol. 12, Issue 2). https://ejournal.iahntp.ac.id/index.php/belom-bahadat

Widodo, P. (2019). Moderasi Agama dan Pemahaman Radikalisme di Indonesia. http://ft.ugm.ac.id/kolom-pakar-industri-4-0-vs-

Zuhdi, M. H. (2017). Radikalisme Agama Dan Upaya Deradikalisasi Pemahaman Keagamaan.

PlumX Metrics

Published
2023-02-28
Section
Articles