Analisis Kualitas Pelayanan Pengelolaan Pasar Tradisional Terhadap Kepuasan Pedagang dengan Metode Servqual dan IPA

  • Vitrawan Malik Universitas Serang Raya
  • Eka Indah Yulistyari Universitas Serang Raya
Abstract views: 1730 , PDF downloads: 1015
Keywords: Kepuasan, Pasar Tradisional, Pelayanan

Abstract

Pasar baru Kota Cilegon merupakan pasar tradisional yang menjadi salah satu kontributor bagi pelaksanaan pembangunan di daerah, karena melalui retribusi yang dihasilkan dapat menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD). Dalam upaya meningkatkan pelayanan pengelolaan pasar tradisional tentunya kepuasan pedagang dalam hal kebersihan, kenyamanan, keamanan, dan tersedianya sarana dan prasarana pasar tradisional yang memadai seperti jalan masuk ke pasar menjadi fokus penelitian. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui nilai Service Quality (SERVQUAL) dan upaya-upaya perbaikan dengan Importance Performance Analysis (IPA). Penelitian dilakukan dengan melakukan survei dan wawancara kepada pedagang Pasar Baru Kota Cilegon pada pedagang yang legal pada 96 responden. Hasil penelitian dengan Metode Servqual (SERVQUAL) didapatkan nilai total servqual sebesar -4.90 hal tersebut menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pengelola pasar tradisional belum sepenuhnya memuaskan para pedagang pasar baru Kota Cilegon dengan % kepuasan pada dimensi responsiveness sebesar 59.02%, sebesar reliability sebesar 79.89%, empathy sebesar 83.03%, tangible sebesar 66.52% dan Assurance sebesar 73.41%. Sedangkan hasil penelitian dengan metode Importance Performance Analysis (IPA) didapatkan perbaikan peningkatan kualitas pelayanan pengelolaan pasar pada kecepatan pengelola pasar dalam menanggapi keluhan pedagang; ketanggapan pengelola pasar dalam merespon keluhan/masukan dari  pedagang; kemudahan untuk mendapatkan informasi tentang pasar; pengelola pasar memberikan penetapan lokasi pedagang yang strategis; pengelola pasar sering memberikan janji kepada pedagang; area parkir yang strategis; pengelola pasar memberikan perhatian penuh terhadap pedagang; sikap pegawai unit pasar; penempatan area parkir; kebersihan lokasi pasar; penempatan pedagang kaki lima; penempatan lokasi terminal; kelayakan penempatan lokasi pasar; penilaian dalam pelayanan pengelolaan pasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Muluk, A. (2008). Analisis Kualitas Pelayanan Jasa Perbankan (Studi Kasus pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Cabang Padang). Jurnal Optimasi Sistem Industri, 8(1), 22-31.

Santoso, I., Mulyarto, A. R., & Maharani, S. (2011). Persepsi konsumen terhadap kualitas bakpao telo dengan metode importance performance analysis. Jurnal Teknologi Pertanian, 12(1), 23-30.

Sekaran, U. (2006). Research Methods For Business: Metodologi Penelitian untuk Bisnis., Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.

Supranto, J. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Cetakan Keempat. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Yuslistyari, I. E. (2016). Pengaruh Motivasi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Penjualan Tenaga Pemasar Serta Implikasinya Terhadap Kinerja Pemasaran Perusahaan Di PT. Cipta Profitama Abadi. Tesis, pada Program Studi Magister Teknik Industri, Program Pascasrjana, Universitas Mercubuana Jakarta.

PlumX Metrics

Published
2017-06-28
How to Cite
Malik, V., & Yulistyari, E. I. (2017). Analisis Kualitas Pelayanan Pengelolaan Pasar Tradisional Terhadap Kepuasan Pedagang dengan Metode Servqual dan IPA. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 3(1), 7-14. https://doi.org/10.30656/intech.v3i1.872
Section
Articles