Pengukuran dan Intervensi Pengendalian Kualitas Pengelasan Blast Furnace Shell dengan Metode Plant, Do, Check Action (PDCA)

  • Farid Wajdi Universitas Serang Raya
  • Darna Wiguna Universitas Serang Raya
Abstract views: 523 , PDF downloads: 1540

Abstract

Studi ini mendeskripsikan pengukuran kualitas pengelasan pada pembuatan blast furnace shell. Pengukuran dilakukan dengan metode non destruktif menggunakan alat ultrasonic test. Tujuan dari pengukuran ini adalah untuk meminimalisir cacat pengelasan dengan melakukan intervensi pada proses pengelasan. Pengukuran awal dilakukan pada 178 join pengelasan FCAW (Flux Cored Arch Welding) pada pembuatan blast furnace shell. Hasil pengukuran awal ini menunjukkan 158 join (89%) memperlihatkan hasil pengelasan yang baik dan 20 join (11%) memerlukan perbaikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh kondisi lingkungan pengelasan dalam upaya meminimalisir cacat pengelasan yang terjadi pada pembuatan blast furnace shell. Intervensi dilakukan dengan penggunaan pelindung diseputar blast furnace shell untuk mengurangi angin yang menerpa pada saat proses pengelasan. Pengukuran selanjutnya dari 178 join menghasilkan 165 join yang baik (93%) dan 13 join perlu repair (7%). Cacat yang teridentifikasi yaitu undercut, porosity, slag dan include fusion dan crack (retak) yang berlebihan, sehingga hasil pengelasan tersebut dinyatakan repair. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kualitas pengelasan dapat diperbaiki dengan memperbaiki kondisi lingkungan tempat pekerjaan dilakukan, dalam hal ini kecepatan angin. Dalam hal ini terjadi penurunan cacat las dari 11% menjadi 7%. Namun demikian hasil ini belum mencapai target cacat las yang telah ditetapkan yaitu 5%. Untuk mencapai target tersebut perlu intervensi pada aspek lainnya seperti prosedur standar pengerjaan dan ispeksi material.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-07-19
How to Cite
Wajdi, F., & Wiguna, D. (2015). Pengukuran dan Intervensi Pengendalian Kualitas Pengelasan Blast Furnace Shell dengan Metode Plant, Do, Check Action (PDCA). Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 1(1), 15-23. https://doi.org/10.30656/intech.v1i1.152
Section
Articles