Karbon Aktif Dedak Padi Sebagai Adsorben Pengurang Kadar Besi Di TPAS Cilowong Kota Serang Provinsi Banten

  • Shohifah Annur Program Studi Teknik Kimia Universitas Serang Raya
Abstract views: 260 , PDF downloads: 431

Abstract

Lindi adalah air hasil degradasi dari sampah dan dapat menimbulkan pencemaran apabila tidak diolah terlebih dahulu sebelum dibuang ke lingkungan. Lindi ini pada umunya bersifat toksik karena , mengandung logam berat dalam jumlah tinggi, yang berbahaya jika terpapar ke lingkungan. Selain itu tingkat kemampuan degradasi air lindi di alam rendah, hal ini ditandai dengan rendahnya nilai rasio BOD/COD pada TPAS Cilowong-Banten. Proses yang sering dipakai dalam pengolahan air lindi adalah proses adsorbsi yang sangat efektif dalam menanggulangi air lindi. Penggunaan dedak padi yang diubah menjadi karbon aktif  200 mesh dengan cara  di furnace selama ± 3 jam dapat dijadikan sebagai salah  satu adsorben alami untuk bakteri logam berat Fe pada air lindi.proses adsorbsi ini dilakukan dengan melakukan penentuan waktu kontak optimum dengan variasi waktu 15,30,45,60 menit yang didapatkan pada waktu 60 menit dengan penyerapan mencapai 19,8 ppm. Setelah waktu optimum didapat maka pH optimum dapat ditentukan dengan variasi pH 4,5,6,7,8  didapatkan peyerapan optimum pada pH 9. Dengan analisis waktu dan pH optimum yang di dapat dilakukan analisis penyerapan  logam Fe pada air lindi sehingga di dapatkan penyerapan sebesar 18,2 ppm. Pada dasarnya penyerapan yang dihasilkan oleh adsorben dedak padi dapat dikatakan sangat baik, namun kondisi air lindi pada kolam penampungan seringkali berubah dengan pengaruh kondisi alam seperti hujan karena dapat terjadi proses pengenceran secara alami oleh air hujan yang megakibatkan berubahnya kadar Fe pada air lindi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Klaassen CD, Amdur MO, Doull J (1986). Toxicology The Basic Science of Poisons. New York: Macmillan Publishing Company.

Garris, A.J.; Tai, T.H., Coburn J., Kresovich S., McCouch S. (2004). "Genetic structure and diversity in Oryza sativa L.". Genetics 169: 1631–1638.

Kirk & Othmer, (1967). Encyclopedia of Chemical Technology. Second Edition. Volume 14.Jhon Wiley & Sons Inc.

Subowo, Kurniansyah AM, Sukristiyonubowo. 1999. Pengaruh Logam Berat Fe dalamTanah terhadap Kandungan Fe, Pertumbuhan dan asil Tanam Caisem (Brassica rapa). Prosiding Seminar Sumber Daya Tanah, Iklim dan Pupuk. Puslittanak. Bogor.

Sudarwin, 2008, Analisis Spasial Pencemaran Logam Berat Fe PadaSedimen Aliran Sungai Dari Tempat Pembuangan Akhir (Tpa).

PlumX Metrics

Published
2016-11-02
Section
Articles