Adsorbsi Logam Berat Besi dan Timbal Menggunakan Zeolit Alam Bayah Teraktivasi

  • Tiur Elysabeth Program Studi Teknik Kimia Universitas Serang Raya
Abstract views: 344 , PDF downloads: 1371

Abstract

Proses pengambilan logam berat yang telah ada masih memiliki banyak kendala, di antaranya adalah menghasilkan limbah lumpur yang beracun, memerlukan biaya tinggi serta kurang efektif bila diaplikasikan pada konsentrasi limbah yang rendah. Salah satu  alternatif pengolahan limbah yang mengandung logam berat adalah dengan proses adsorpsi menggunakan bahan-bahan dari alam sebagai adsorben salah satunya adalah zeolit. Namun zeolit alam  memiliki beberapa kelemahan , di antaranya mengandung banyak pengotor serta kristalinitas yang kurang baik. Oleh sebab itu zeolit alam perlu diaktifkan terlebih dahulu untuk meningkatkan daya adsorbnya. Pengaktifan zeolit dapat dilakukan melalui pemanasan dan pengasaman. Penelitian ini ditujukan untuk mempelajari zeolit alam Bayah yang sudah diaktivasi sebagai adsorben untuk logam berat terhadap Besi (Fe) dan Timbal (Pb). Limbah cair yang digunakan adalah air limbah dari TPA Cilowong sebagai sampel yang diduga mengandung logam berat Fe dan Pb.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Handoko, D.S.P., 2002, “Preparasi Katalis Cr/Zeolit Melalui Zeolit Alam”, Ilmu Dasar, Vol 3, No 1, pp 15-23

Handoko, D.S.P., 2002, “Pengaruh Perlakuan Asam, Hidrotermal dan Impregnasi Logam Kromium pada Zeolit Alam dalam Preparasi Katalis ”, Ilmu Dasar, Vol 3, No 2, pp 103-109

Ronald L, Droste, 1997, “Theory and Practice of Water and Wastewater Treatment’, John Wiley and Sons, Inc.New York

Khan, N.A et all,2004, “Elimination of Heavy Metals from Wastewater Using Agricultural Wastes as Adsorbents”, Malaysian.J.Of Science.23: pp 43 – 51.

PlumX Metrics

Published
2016-11-02
Section
Articles