Pembuatan Sabun Mandi Padat Dari Minyak Jelantah

  • Nina Arlofa
  • Benny Setia Budi
  • Muhammad Abdillah
  • Wahyu Firmansyah
Abstract views: 7556 , PDF downloads: 4185
Keywords: Sabun, minyak jelantah, basa kuat

Abstract

Pembuatan sabun umumnya menggunakan bahan berupa minyak dan alkali melalui proses saponifikasi. Kali ini kami akan membuat sabun dari limbah minyak jelantah. Karena saat ini banyak sekali limbah-limbah minyak jelantah yang dihasilkan baik dari rumah tangga maupun para pedagang gorengan yang mencemari lingkungan. Minyak jelantah juga tidak baik untuk dikonsumsi lagi, karena dapat menyebabkan penyakit jantung koroner. Maka dari itu, kami melakukan penelitian ini dengan memanfaatkan minyak jelantah ini untuk dijadikan sebagai sabun mandi padat. Adapun proses pembuatan sabun mandi ini dengan mencampurkan minyak jelantah dengan basa kuat NaOH dengan beberapa variabel atau perbandingan antara karbon aktif mulai dari 7,5% , 8,5% dan 10% dari minyak jelantah hasil dari proses netralisasi. Serta beberapa parameter analisa sabun mandi untuk menjamin kualitas sabun yaitu meliputi uji pH, penetapan kadar air, penetapan kadar alkali bebas, penetapan kadar asam lemak bebas, penetapan kadar lemak tak tersabunkan, penetapan kadar asam lemak jumlah, uji minyak pelikan dan angka lempeng total (ALT).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ketaren, S. 1986. Pengantar Teknologi Minyak dan Lemak Pangan. Cetakan Pertama. Jakarta : UI-Press.

Djatmiko, B. dan Widjaja, A.P. 1973. Minyak dan Lemak. Departemen THP IPB. Bogor.

Dalimunthe, N. A. 2009. Pemanfaatan Minyak Goreng Bekas Menjadi Sabun Mandi Padat. Jurusan Teknik Kimia. Tesis : Universitas Sumatera Utara.

Mahreni. 2010. Peluang dan Tantangan Komersialisasi Biodesel Review. Jurnal Eksergi Volume X No.2. Jurusan Teknik Kimia, Fakulas Teknologi Industri, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”. Yogyakarta.

Susinggih, W. dkk. 2005. Mengolah Minyak Goreng Bekas. Surabaya : Trubus AgrisaranaAnonim. 2016. Badan Standarisasi Nasional, Standar Mutu Sabun Mandi, SNI 3532- 2016, Dewan Standarisasi Nasional. Jakarta.

Jungermann, E. dkk. 1979. Bailey’s Industrial Oil and Fat Products, Volume 1, 4th edition. John Wiley and Sons, Inc. New York.

Fessenden, R.J dan Fessenden, J.S. 1994. Kimia Organik, Jilid 2, Edisi ke 3. Jakarta: Erlangga.

Sumarlin, La Ode, et al. Analisis Mutu Minyak Jelantah Hasil Peremajaan Menggunakan Tanah Diatomit Alami dan Terkalsinasi. Jakarta : Program Syudi Kimia FST UIN Syarif Hidayatullah.

Gusviputri, A. dkk. 2013. Pembuatan Sabun dengan Lidah Buaya (Aloe Vera) sebagai Antiseptik Alami, Widya Teknik, 12(I), 11-21.

PlumX Metrics

Published
2021-06-01
Section
Articles