Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kualitas Pelayanan Mahasiswa


Deffy Susanti(1*), Nunu Nurdiana(2),

(1) universitas serang raya
(2) Universitas Majalengka, Majalengka
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak - Simak mengatur administrasi yang berhubungan dengan akademik dan keuangan di lingkungan Universitas Majalengka. Seluruh proses bisnis yang ada pada kegiatan admin akademik, yaitu mulai dari proses mendaftar menjad imahasiswa baru, registrasi, perwalian, pengecekan nilai, pembuatan absen sampai mahasiswa melalukan proses administrasi wisuda. Sehingga sampai saat ini SIMAK senantiasa memiliki fitur yang terus dikembangkan disesuaikan dengan kebutuhan user dan sistem di organisasi. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Teknik Universitas Majalengka yang memiliki 4 Program Studi diantaranya Prodi TeknikMesin, Prodi Teknik Sipil, Prodi Manajemen Industri dan Prodi Teknik Informatika dengan jumlah mahasiswa 487 orang. Mahasiswa Teknik yang menjadi populasi, teknik pengambilan sampel dengan menggunakan cluster proporsonal random sampling menggunakan tabel Nomogram Harry King dengan tingkat kepercayaan sampel sebesar 96% atau tingkat kesalahan 4% sehingga hasil sampelnya sebanyak 229 orang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif.Pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara terhadap pihak yang terkaitdandokumentasi.MetodeAnalisis data dalam penelitian ini adalah Analisis Deskriptif Persentase kemudian dikategorikan berdasarkan prodi. Pemanfaatan teknologi informasi, dalam hal ini SIMAK yang saat ini dijadikan sebagai pusat pelayanan akademik dan keuangan terhadap mahasiswa dapat memberikan manfaat yang cukup baik dimana pengarsipan data akademik dan keuangan mahasiswa disimpan disebuah database sehingga lebih terorganisir dan kemananan (back up) data pun terjaga. Hal ini dikarenakan  data yang  disimpan dalam bentuk database tidak hanya berpusat pada hard copy melainkan juga pada soft copy yang secara otomatis bisa disajikan. Dengan kata lain, pelayanan akademik sebelum dan sesudah memanfaatkan teknologi informasi, yaitu SIMAK memiliki perbedaan yang signifikan.

 

Kata Kunci : SIMAK, Kualitas Pelayanan, Mahasiswa


References


Arco Jacobus, (2012). Model Kualitas Pelayanan (SERVQUAL) Parasuraman et. al. Diakses dari url : http://plurseven.blogspot.com/2012/08/model-kualitas-pelayanan-parasuraman-et-al.html diakses pada tanggal 16 Juni 2014.

Dian Rahmawati, Mahendra Adhi Nugraha, Dhyah Setyorini, M.Si,Ak, dan Mimin Nur Aisyah, M.Sc (2012). Pengaruh Pemanfaatan TI Terhadap Kualitas Pelayanan Pegawai Administrasi Dan Pengaruh Kualitas Pelayanan Pegawai Administrasi Terhadap Kepuasan Mahasiswa Diakses dari url : http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Dhyah%20Setyorini,%20M.Si.,%20Ak./Pengaruh%20Pemanfaatan%20TI%20terhadap%20Kualitas%20Pelayanan%20Peg.%20Adm.%20dan%20Pengaruh%20Kualitas%20Pelayanan%20Peg.%20Adm.%20terhadap%20Kepuasan%20Mhs..pdf diakses pada tanggal 26 Mei 2014.

Hotman Panjaitan. (2007). Pengaruh Sistem Teknologi Informasi (IT Sistem Terhadap Kualitas Layanan dan Respons Konsumen Perguruan Tinggi Swasta)). Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi VENTURA, ISSN 1410-6418, Akreditasi No 55/Dikti/Kep/2005. Volume 10 No. 1, April 2007. Pp: 1-16. Diakses dari url : https://www.academia.edu/3528201/Pengaruh_Sistem_Teknologi_ Informasi_Terhadap_Kualitas_Layanan_dan_Respons Konsumen Perguruan Tinggi Swasta diakses pada tanggal 05 Mei 2014.

Otong Karyono, ST., M.T. (2012). Statistik Sosial ( Teori dan Aplikasi Program SPSS ). Majalengka .

Prof. DR. Sugiyono (2007). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung. Alfabet, cv.

Prof. DR. Sugiyono (2007). Statistik Untuk Penelitian.Bandung. Alfabet, cv.

Suseno. (2012). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Penerapan Disaster Management Information System (DMIS): Studi Kasus Pada Pusat Survei Sumber Daya ALam Laut (PSSDAL) Badan Koordinasi Survei Dan Pemetaan Nasional (BAKOSURTANAL) . Kuisioner Penelitian. Diakses dari url : http://www.digilib.ui.ac.id/opac/themes/libri2/hasilcari.jsp?method=similar&query=30264&start=10&lokasi=12 diakses pada tanggal 21 Mei 2014.

Teddy, Marcus Zakaria dan Agus Prijono. (2007). Perancangan Antarmuka Untuk Interaksi Manusia Dan Komputer. Bandung. Informatika


Article Metrics

Abstract view : 8 times| PDF (Bahasa Indonesia) : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JSiI has been indexed by :

   
   
   


Flag Counter
 
 
 
 
©2018. Sistem Informasi Universitas Serang Raya. All Rights Reserved