Sistem Informasi Skorsing Siswa Berbasis SMS Gateway Di SMP Informatika Kota Serang


Ahmad Sugiyarta(1*), Ahmad Dedi Jubaedi(2), Surya Angger Pambudi(3),

(1) universitas serang raya
(2) Universitas Serang Raya
(3) Universitas Serang Raya
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak - Setiap pelanggaran yang siswa lakukan di Sekolah pada umumnya pihak sekolah akan mencatat dan menyimpannya dibuku. Dalam pelaksanaannya proses pencatatan pelanggaran yang dilakukan oleh siswa ini diimplementasikan menggunakan sistem point pelanggaran dan skorsing. Namun permasalahan yang ada di bagian Kesiswaan adalah jika siswa ingin mengetahui pelanggaran apa saja yang telah siswa lakukan selama di sekolah, maka siswa atau orang tua siswa harus menghadap ke bagian Kesiswaan untuk mendapakan data pelanggaran siswa tersebut. Oleh karenanya dibutuhkan sebuah Sistem Informasi Skorsing Siswa yang memanfaatkan kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi dibidang komputer dan Telekomunikasi yang dapat memberikan informasi dengan cepat dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempermudah komunikasi antara bagian Kesiswaan dengan siswa atau orang tua wali, sehingga informasi mengenai data pelanggaran siswa dengan cepat dapat diketahui serta mempermudah proses pemanggilan orang tua/wali siswa melalui sebuah Short Message Service (SMS) yang akan dikirimkan secara otomatis setelah data pelanggaran siswa diinputkan kedalam sistem. Penelitian ini menggunakan metode Skorsing berbasis Short Message Service (SMS) Gateway. Dengan adanya Sistem Informasi Skorsing Siswa ini diharapkan dapat membantu pihak Sekolah khususnya bagian Kesiswaan untuk dapat berhubungan dengan Siswa dan Orang Tua/Wali dan juga menginformasikan pelanggaran apa saja yang telah dilakukan oleh Siswa.

 

Kata Kunci : Sistem Informasi, Skorsing, SMS Gateway, Point Pelanggaran.


References


Adani, F. (2012). Jurnal Implementasi Teknologi SMS Gateway Pada Apotik Fortuna Padang. 8.

Aryani, D., Setiadi, A., & Alfifah, F. (2015). Aplikasi Web Pengiriman dan Penerimaan SMS Dengan Gammu SMS Engine Berbasis PHP. 17.

Budiman, A., & Mulyani, A. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Sistem Informasi Persediaan Barang Di TB.Indah Jaya Berbasis Desktop. Jurnal Algoritma, 374-378.

Ginting, R. (2007). Sistem Produksi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Gusdian, E., Muis, A., & Lamusa, A. (2016). Peramalan Permintaan Produk Roti Pada Industri "Tiara Rizki" Di Kelurahan Boyaoge Kecamatan Tatanga Kota Palu. Jurnal Agrotekbis, 97-105.

Harbiyanto, D. E. (2015). Jurnal Sistem Informasi Pembayaran Sekolah Berbasis SMS Gateway Di SMK Bhinneka Karya 1 Boyolali. 130.

Hermawati, F. A. (2013). Data Mining. Yogyakarta: ANDI OFFSET.

Kadir , A. (2010). Mudah Mempelajari Database Mysql. Yogyakarta: ANDI OFFSET.

Kadir, A. (2003). Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: ANDI OFFSET.

Kadir, A. (2014). Buku Pintar Pemrograman Delphi. Yogyakarta: MediaKom.

Kusnassriyanto. (2011). Belajar Pemrograman Delphi. Bandung: Modula.

Panerang, I. (2013). Implementasi SMS Gateway Pada Kantor dan Arsip Kabupaten Banten.

Partono, Destiani, D., & Noviandi, B. M. (2012). Perancangan Sistem Informasi Inventori Barang Di Bank Sampah Garut. Jurnal Algoritma, 1-13.

Prasetyo, M. H., Arliando, Y., & Asnawati. (2015). Sistem Informasi Nilai Mahasiswa Berbasis SMS Gateway Pada Fakultas Pertanian Universita Bengkulu. 10.

Putra, A. S., & Febriani, O. M. (2013). Sistem Informasi Monitoring Inventori Barang Pada Balai Riset Standarisasi Industri Bandar Lampung. Jurnal Invormatika, 90-98.

Wiharto, Y. (2011). Jurnal Sistem Informasi Akademik. 28.

Yudi, P. (2014). Kolaborasi SQL dan ERD Dalam Implementasi Database. Yogyakarta: Andi Offset.

Yuniastari, N. A., & Wirawan, I. W. (2014). Peramalan Permintaan Produk Perak Menggunakan Metode Simple Moving Average Dan Exponential Smoothing. Jurnal Sistem dan Informatika , 97-106.


Article Metrics

Abstract view : 12 times| PDF (Bahasa Indonesia) : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JSiI has been indexed by :

   
   
   


Flag Counter
 
 
 
 
©2018. Sistem Informasi Universitas Serang Raya. All Rights Reserved