Rancang Bangun Pendukung Keputusan Pemberian Kredit Pada Konsumen PT. Mashill Finance Dengan Menggunakan Metode AHP

  • Meiliawati Meiliawati
Abstract views: 201 , PDF downloads: 373

Abstract

PT. Mashill Finance merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pembiayaan segala merk otomotif terutama sepeda motor. PT. Mashill Finance memiliki kesulitan dalam memilih calon konsumen atau kreditur agar tidak terjadi kesalahan dalam memberikan kredit sepeda motor. Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan pimpinan dalam memberikan keputusan pemilihan calon konsumen atau kreditur yang baik, serta dapat membantu operasional perusahaan dalam mengolah data konsumen sehingga dapat mengefiensikan waktu  serta kinerja karyawan.Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancar serta studi pustaka yang bertempat di PT. Mashill Finance. Sistem ini dirancang dengan menggunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process), agar dapat mempermudah dalam membangun sebuah sistem pendukung keputusan pemberian kredit sepeda motor kepada konsumen dengan baik serta menggunakan software PHP (Hypertext Preprocessor) dan dengan MySQL server untuk dapat membangun sebuah sistem yang dibutuhkan.Dari hasil penelitian ini maka dapat menghasilkan sebuah sistem pendukung keputusan untuk pemberian kredit pada konsumen dengan mengggunakan metode AHP (Analytical Hierarkhi Process) sehingga dapat membantu dalam pemilihan konsumen yang layak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Taufiq, R. (2013). “Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Kependidikan Menggunakan Metode Analytical Hierarchi Process (Studi Kasus Di Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang).” Jurnal Tekno Insentif Kopwil4. Vol. 7. No. (2). 36 – 44.

Artika, R. (2013). “Penerapan Analitycal Hierarchy Proccces (AHP) Dalam Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru Pada SD Negeri 095224.” Pelita Informatika Budi Darma. Vol. IV. No. (3). 1 - 6.

Kusrini Dan Gole, A W. (2007). “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prestasi Pegawai Nakertrans Sumba Barat Di Waikabubak.” SNATI 2007. ISSN: 1907-5022. Hal. D-47 s/d D-52.

Tominanto. (2012). “Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Untuk Penentuan Prestasi Kinerja Dokter Pada Rsud. Sukoharjo.” INFOKES. Vol. 2. No. (1). 1 - 15. [7]

Indah, (2009), Sistem Informasi Geografis Fasilitas Kota Bogor Menggunakan Framework Pmapper, Institut Pertanian Bogor, Bogor pada tanggal 23 Juni 2014 pukul 13.14 WIB, diakses di http://repository.ipb.ac.id/ bitstream/handle/123456789/13023/G09ika.pdf?sequence=10

PlumX Metrics

Published
2017-01-23
Section
Articles