Perancangan Aplikasi Pengenalan Pendidikan Islam Berbasis Android Untuk Pendidikan Anak Usia Dini

  • Desmira .
  • Rizal Fauzi
Abstract views: 571 , PDF downloads: 1910

Abstract

Pendidikan islam adalah pendidikan yang wajib diketahui terutama bagi anak usia dini. Waktu masih menjadi kendala bagi para orang tua dalam mengenalkan kepada anak tentang pendidikan islam. Kini anak-anak sudah tidak asing dengan smartphone. Smartphone memiliki sistem operasi android. Aplikasi android dapat menjadi media pembelajaran interaktif yang disukai oleh anak –anak karena konten tidak hanya berbentuk teks tertulis namun juga bisa berupa suara dan gambar sehingga tidak membuat anak-anak jenuh dalam belajar. Oleh karena itu, penulis membuat aplikasi pengenalan pendidikan islam berbasis android untuk pendidikan anak usia dini. Proses pembuatan aplikasi ini menggunakan eclipse sebagai editing program dan aplikasi adobe photoshop CS6 sebagai editingdesign dan adobe audition sebagai editing suara. Aplikasi ini dibuat sebagai media pengenal yang membantu anak dalam mengenal pendidikan islam pada usia dini, terutama dalam pengenalan huruf hijaiyah, do’a harian Anak, nama malaikat dan nama nabi. Aplikasi ini bersifat offline.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprilianti, dkk. (2013). Aplikasi Mobile Game Edukasi Matematika Berbasis Android Application Of Education Mobile Games For Math Based On Android. September 2013: 2338-6304.

M. Shalahuddin dan Rossa A.S. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Muyassar. (2015). Apa Itu OOP (Object Orientation Programming). Diambil dari:

http://www.updateilmu.com/apa-itu-oop-object-oriented-programming/. (14 Januari 2015)

Nugroho, Suryo. (2014). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Fiqih Menggunakan Metode

Computer Based Instruction Berbasis Mobile Learning

Purwanti, Ika.(2013).Perancangan Aplikasi Pembelajaran Huruf Hijaiyah Berplatform

Android Untuk Madrasah Baca Tulis Al Quran Al-Fattah Desa Widodaren Kabupaten

Ngawi, Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer FTI UNSA 2013, Vol 2 No 1 – Maret 2013 ISSN: 2302-1136 – seruniid.unsa.ac.id, pp.123-130.

Safaat, Nazruddin. (2012). “Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android”. Bandung : Informatika

Shalahuddin, Muhammad & Rosa Ariani S, 2011. Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Bandung: Modula.

Widodo, Prabowo Pudji & Herlawati, 2011. Menggunakan UML. Bandung: Informatika.

PlumX Metrics

Published
2017-01-20
Section
Articles