RANCANG BANGUN APLIKASI E-PORTOFOLIO HASIL KARYA MAHASISWA UNSERA MENGGUNAKAN METODE SCRUM


Donny Fernando(1), Anharudin Anharudin(2), Fadli Fadli(3*),

(1) universitas serang raya
(2) Program Studi Sistem Komputer Fakultas Teknologi Informasi Universitas Serang Raya
(3) Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Universitas Serang Raya
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak – Zaman digital yang semakin berkembang di era globalisasi seperti sekarang ini menuntut sebuah institusi, lembaga maupun organisasi untuk memanfaatkan sebuah sistem yang baik didalam pengelolaan data, hal ini sangat diperlukan agar kumpulan data atau dokumen yang sangat banyak jumlahnya dapat terorganisir dengan baik dan rapih. institusi seperti kampus yang besar, sangat memerlukan diterapkannya sistem e-filing agar dokumen penting, terutama hasil karya mahasiswa dapat di kelola dengan baik,  oleh karenanya dibutuhkan sebuah Sistem aplikasi E-portofolio hasil karya mahasiswa yang memanfaatkan kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dibidang komputer. Tujuannya agar hasil karya mahasiwa yang pernah dibuat dapat ditampung kedalam sebuah aplikasi kemudian dapat dipublikasikan. sehingga dapat diketahui oleh beberapa pihak baik pihak Unsera, Mahasiswa dan masyarakat umum. Penelitian ini menggunakan metode Scrum. Dengan aplikasi E-portofolio hasil karya mahasiswa diharapkan dapat membantu beberapa pihak karena dapat dijadikan sebagai bahan acuan untuk menghasilkan sebuah referensi atau karya baru. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Rancang bangun aplikasi E-portofolio hasil karya mahasiswa Unsera.yang selanjutnya akan diterapkan di kampus Universitas Serang Raya.

 

Kata kunci : Rancang Bangun Aplikasi, E-Portofolio, Scrum


References


Andi. (2003). WEB HACKING serangan dan pertahananya. Yogyakarta: Perpustakaan Nasional.

Dennis, Alan, Wixom dan Roth. (2012). “Systems Analysis and Design with UML –5th Edition”.

Fahmi, I. (2015). Pengantar Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Bandung: ALFABETA.

Krisnanda, M. (2014). Implementasi Metodologi SCRUM dalam Pembangunan . Jurnal Sistem Informasi, Vol. 9 No. 2, 149.

Nurdin Ibrahim, H. W. (2016). Pemetaan Fungsi Platforn E-Portofolio Untuk Perkuliahan Di jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negri Jakarta. Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 18, No. , 202.

Nurhayati, F. R. (2014). Pengembangan E-Portofolio Sebagai Instrumen Penelitian Siswa. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 253.

Partogi, J. (2015). Managemen Modern Dengan SCRUM. Yogyakarta: Andi.

Permana, P. A. (2015). Scrum Method Implementation in a Software Development Project Management. (IJACSA) International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 198.

Ramlawati, D. (2012). Pengembangan Model Assesmen Portofolio Elektronik (APE) untuk Meningkatkan. Jurnal Chemica Vol.13 nomor 1, 31.

Soetam Rizky, 2011, Konsep dasar Rekayasa Perangkat Lunak (software engineering) Jakarta

Thomas Stober, U. H. (2010). Agile Software Development. Berlin: Springer.

Unsera. (2017, September, Rabu). profil unsera. Dipetik September 13, 2017, dari www.unsera.ac.id: www.kampus-info.com/2012/02/profil-universitas-serang-raya.html?m=1 22 juni 2017


Article Metrics

Abstract view : 81 times| PDF (Bahasa Indonesia) : 133 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

JSiI has been indexed by :

top top top 
top top top 
top top top 


© All rights reserved 2018. JSiI Jurnal Sistem Informasi, Universitas Serang Raya