PENERAPAN ENTERPRISE RESOURSE PLANNING PENJUALAN AKSESORIS BERBASIS ODOO

  • Suminten - Suminten AMIK BOGOR
  • Silvy Amelia Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta
  • Ita Dewi Sintawati Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta
Abstract views: 4131 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 2519
Untitled (Bahasa Indonesia) downloads: 0

Abstract

Abstrak- Odoo merupakan aplikasi open source  berbasis web  digunakan sebagai aplikasi Sistem Informasi Miniso, untuk menyesaikan permasalahan dalam pengelolaan transaksi bisnis . Aplikasi Odoo sangat tepat untuk menyelesaikan permasalahan pengelolaan transaksi bisnis Miniso yang masih manual. Sistem ERP ini tidak hanya dapat menggunakan jaringan intranet saja akan tetapi jaringanya sudah bisa terkoneksi internet sehingga memudahkan bagi user untuk melakukan penginputan data , pengolahan, dan pembuatan ouput yang berupa laporan dapat dilakukan secara online. Modul-modul yang disediakan oleh Odoo sendiri banyak, antara lain: accounting, inventory, sales, purchase, point of sales, CRM, website, Human Resources, E-commerceProject Management dan masih banyak lagi. Pengguna hanya tinggal meng-install modul-modul yang dibutuhkan. Modul yang tersedia adalah standar sistem internasional. Pada penelitian ini, penulis mencoba mengimplementasikan Odoo ini pada system data di Miniso. Dimana terdapat 14 tampilan yang dibuat, antara lain  menu login sebagai menu awal untuk masuk ke system ini, menu warehouse untuk menampilkan stok barang pada gudang, sampai yang terakhir adalah menu laporan. Dengan dibuatkannya aplikasi ini diharapkan dapat mempermudah pengguna terutama admin dalam mengelola proses transaksi bisnis di Miniso, yang mencakup antara lain  laporan permintaan dan stok barang, laporan order barang, sampai dengan laporan akhir.

 

Kata kunci : odoo, ERP, implementasi , modul,  open source, berbasis web.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Suminten - Suminten, AMIK BOGOR
UNIVERSITAS BINA SARANA INFORMATIKA

References

R. Akbar et al., “implementasi enterprise resources planning ( erp ) untuk sistem informasi pembelian , penjualan dan persediaan obat pada apotek sentral herbal jaya padang,” j. Teknoif, vol. 3, no. 2, pp. 29–40, 2015.

A. Nofriandi and H. Kamil, “Penerapan Enterprise Resource Planning ( ERP ) pada Sistem Pembelian , Penjualan dan Inventory Barang di Mini Market 7 Putra,” vol. 1, no. 1.

Y. Indanea, R. R. Saedudin, and R. W. Witjaksono, “implementasi sistem produksi berbasis odoo pada pt . Primarindo asia infrastructure tbk dengan metodologi asap implementation of odoo – based production system with asap methodology at pt . Primarindo asia infrastructure tbk,” proceeding eng., vol. 3, no. 2, pp. 3195–3201, 2016.

f. Amri, e. S. Astuti, and riyadi, “analisis implementasi sistem erp (enterprise resource planning) (studi pada pt. Jepe press media utama surabaya),” j. Adm. Bisnis, vol. 2, no. 2, pp. 102–109, 2013.

andi, implementasi aplikasi odoo berbasis web. Bandung: informatika, 2014.

y. Defrizal, “penerapan konsep erp pada aplikasi keluhan user bagian helpdesk (studi kasus: pt.sarijaya permana sekuritas),” 2010.

g. P. L. J. Noviana bana f, rispianda, “rancangan implementasi enterprise resource planning berbasis open source menggunakan software odoo pada lini bisnis modul surya di perusahaan elektronika,” j. Online inst. Teknol. Nas., vol. 4, no. 1, pp. 158–169, 2016.

f. Q. Arifah et al., “pengaruh visual merchandising terhadap impulse buying ( pada konsumen miniso kota bandung ),” pp. 109–123.

d. A. S. Parawansa, a. R. Munir, m. Fakultas, and e. Universitas, “pengaruh visual merchandising , display product , dan store atmosphere terhadap perilaku impulse buying ( studi kasus : konsumen matahari department store di kota makassar ) the effect of visual merchandising , product display dan store atmosphere on impulse buying behavior ( case study on matahari department store in makassar city ),” pp. 88–103.

s. S. Utami, “analisis penerapan enterprise resource planning ( erp ) ( studi pada pt domusindo perdana ),” vol. 33, no. 1, pp. 165–170.

PlumX Metrics

Published
2019-04-04
Section
Articles