SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS TINGKAT KERUSAKAN RUAS JALAN BERBASIS WEB

  • maya selvia lauryn Universitas Serang Raya
  • Muhammad Ibrohim Universitas Serang Raya
Abstract views: 4409 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 5633

Abstract

Abstrak – Jalan merupakan suatu prasarana perhubungan darat dan jalur transportasi yang yang sangat vital. Salah satu fungsi jalan adalah sebagai faktor pendorong dalam proses pengembangan serta pemerataan pembangunan suatu wilayah. Bagi Pemerintahan jalan merupakan sarana transportasi yang berpengaruh dalam menjalankan roda perekonomian dan pemerintahan. Saat ini Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Serang masih kesulitan dalam menyajikan informasi data spasial dalam bentuk peta digital, masih kesulitan dalam melakukan pemeliharaan data kondisi jalan, serta  belum dipublikasikannya data kondisi jalan sehingga Masyarakat umum sulit memperoleh informasi tentang kondisi jalan tersebut. Sistem Informasi Geografis merupakan salah satu solusi untuk menyajikan data spasial tersebut.  Sistem Informasi Geografis adalah teknologi yang menjadi alat bantu untuk menyimpan, memanipulasi, menganalisis dan menampilkan kembali kondisi alam dengan bantuan data. Sistem informasi berbasis web ini dirancang menggunakan model UML (Unified Modelling Language) dengan bahasa pemograman PHP (Hypertext Preprocessor) serta menggunakan MySQL  sebagai  databasenya. Aplikasi SIG yang digunakan yaitu ArcView, MapServer dan Pmapper. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Sistem Informasi Geografis Tingkat Kerusakan Jalan Kabupaten Serang ini, diharapkan dapat bermanfaat bagi pemerintah khususnya Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Serang dalam penyajian Informasi kerusakan jalan.

 

Kata Kunci : SIG, Kerusakan Jalan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

An, Hanafi Muhammad dkk, SIG Berbasis Web Untuk sistem Jaringan Jalan Dalam Wilayah Dinas Pekerjaan Umum Binamarga Provinsi Sumatera Selatan. Kampus STMIK GI MDP Palembang.

Faizi, Syahrie Faizi dan Albarda. 2015. Perancangan GIS Monitor Kondisi Jalan Memanfaatkan Media Sosial Twitter. Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN) Vol. 1, No.2, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika, Institut Teknologi Bandung.

Henderi, 2012. Perancangan Sistem Informasi. Serang: Dinas Pendidikan Provinsi Banten.

Kurniawati, Dwi Putri, 2014. Sistem Informasi Geografis Kerusakan Ruas Jalan Di Kota Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunah Kalijaga.

Madcoms. 2011. Dreamweaver CS5 PHP – MySQL Untuk Pemula. Yogyakarta : C.V ANDI OFFSET. Madcoms. 2008. Membuat Desain Web Untuk Pemula. Yogyakarta : C.V ANDI OFFSET.

Prahasta, Eddy, 2014. Sistem Informasi Geografis konsep-konsep dasar (perspektif geodesi dan geomatika). Bandung: Informatika Bandung.

Prahasta, Eddy. 2007. Sistem Informasi Geografis : Membangun Aplikasi WebBased Gis dengan MapsServer. Bandung : Informatika.

Putro Tri Hanggoro, Rochsid, 2011. Perkenalan Dasar tentang CSS.

Riyanto, Prilnali Eka Putra dan Hendi Indelarko. 2009 Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Berbasis Dekstop dan Web. Yogyakarta : Gaya

Media.

S, Rosa A. Dan M. Shalahuddin.2014. Rekayasa Perangkat Lunak Berstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

Sembiring, Andhiko Edy Eka Sura. 2015. Analisis Tingkat Kerusakan Jalan Menggunakan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Di Kota Surakarta Dan

Sekitarnya. Publikasi Karya Ilmiah. Surakarta : Fakultas Geografi Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Utdirartatmo, Firrar. 2002, Mengelola Database Server MySQL di Linux dan Windows, Yogyakarta : ANDI.

UNSERA, 2015, Pedoman Penulisan Karya Ilmiah.

PlumX Metrics

Published
2019-03-30
Section
Articles