Main Article Content

Agus Irawan
Nanda Krisna Setiyorini

Abstract

PT. Indah Kiat merupakan perusahaan yang bergerak dibidang industri kertas, pulp (bubur kertas) dan kertas kemasan produk. Didalam PT. Indah Kiat terdapat seksi teknisi yang bernaung pada divisi engineering dan memiliki tanggung jawab dalam melakukan perbaikan kerusakan fasilitas dan sarana yang ada didalam mess karyawan perusahaan. Kendala dan kesulitan sering dialami oleh teknisi dalam mengelola laporan kerusakan serta dalam memberikan penanganannya untuk itu perlu adanya sistem untuk mengelola laporan serta membantu dalam memberikan solusi yang tepat dalam menanganinnya. Aplikasi helpdesk merupakan sebuah aplikasi yang memiliki tanggung jawab dalam memberikan pelayanan terhadap laporan kerusakan. Dengan penambahan fitur knowledge management untuk menyelesaikan permasalahan kerusakan dengan mencari dalam basis pengetahuan yang direkam untuk menentukan solusi apa yang tepat, berdasarkan pengetahuan yang dimiliki oleh tiap-tiap teknisi untuk dibagikan kepada teknisi lain yang memiliki permasalahan yang sama dalam menyelesaikan kerusakan. metode yang digunakan dalam membangun aplikasi helpdesk dengan menggunakan pendekatan knowledge management system adalah Waterfall model dan dirancang dengan diagram UML (Unified Modeling Language). Bahasa pemrogramman yang digunakan adalah PHP dengan database MySql. Dengan dibangunya aplikasi helpdesk dengan menggunakan pendekatan knowledge management system diharapkan dapat menjadi alat untuk membantu pengelolaan laporan kerusakan dan pengetahuan tentang kerusakan serta solusi yang tepat untuk menyelesaikan kerusakan berdasarkan basis pengetahuan yang sudah ada.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
1. Chintalois, Stephannie. ( 2015). Perancangan Aplikasi Helpdesk Ticketing System Berbasis Web Pada Wilmar Group. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer, Medan

2. Kencana, Lili. (2014). Penerapan Knowledge Management System Berbasis Desktop Pada Perusahaan Bisnis Kertas PT. Indah Kiat Pulp & Paper Tbk. Skripsi. Serang : Universitas Serang Raya.

3. Mudhar, Rizki. (2015). Pembangunan Sistem Informasi Helpdesk E-Ticketing System Menggunakan Django Framework, Studi Kasus : SMK Saradan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

4. Nurwanti, Dkk. (2012). Analisa Dan Perancangan Helpdesk Untuk Layanan Mahasiswa Fti Universitas Budi Luhur, Universitas BudiLuhur, Jakarta.

5. Ramadi, Rikaro. (2016). Penerapan Knowledge Management System Pada Perusahaan Otomotif: Studi Kasus Pt. Astrido Jaya Mobilindo, Universitas Budi Luhur

6. Roni Rolina, (2016). Penerapan Knowledge Mangamenet System Untuk Tindakan Penanganan Troubleshooting Pada Divisi Manufacturing PT. Mc Pet Film Indonesia.
Skripsi. Serang : Universitas Serang Raya.

7. Sari, Kurnia, Winda. Tania, Ditha, Ken. (2014). Penerapan Knowledge Management System (KMS) Berbasis Web Studi Kasus Bagian Teknisi dan Jaringan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya, UNSRI Sumatera Selatan.

8. Setiawan, Dimas. Sensue, Indra, Dana. 2013. Knowledge Management Solution Untuk Divisi Operasional: Studi Kasus PT. XYZ, Universitas Indonesia, Jakarta.

9. Wahyudi, Tri. 2014. Penerapan Knowledge Management Pada Perusahaan Web Hosting, AMIK BSI YOGYAKARTA, Sleman Yogyakarta.

10. Sulaiman, Han. Knowledge Management System Service Center Berbasis Web,
Universitas Indraprasta PGRI.