Main Article Content

Saleh Dwiyatno
Erni Krisnaningsih

Abstract

Pemanfaatan Teknologi Informasi sudah mulai digunakan pada Bagian Biro Administrasi Akademik Politeknik “XYZ” dalam bentuk sistem informasi akademik. Akan tetapi sampai saat ini belum pernah dilakukan audit terhadap sistem informasi yang ada. Penelitian ini melakukan audit terhadap tata kelola pada Bagian Biro Administrasi Akademik. Kerangka kerja yang digunakan pada penelitian ini adalah COBIT 4.1 dan audit dilakukan pada 2 control obyektif yaitu PO3 (Menentukan Arah Teknologi) dan AI2 (Mendapatkan dan Memelihara Perangkat Lunak Aplikasi). Pada masing-masing kontrol obyektif menggunakan 2 kuesioner, dimana kuesioner I Management Awarenes untuk melakukan pengukuran tingkat pemenuhan Detailed Control Objectif (DCO), sedangkan kuesioner II Maturity Level digunakan untuk mengukur tingkat kematangan (Maturity Level). Hasil analisa audit tata kelola TI pada Bagian Biro Administrasi Akademik Politeknik “XYZ” di ketahui bahwa untuk menentukan arah teknologi pada Bagian Biro Administrasi Akademik Politeknik “XYZ” masih berada pada level (M) Sedang. Sedangkan untuk Mendapatkan dan Memelihara Perangkat Lunak Aplikasi berada pada level (L) Kurang. Diharapkan hasil audit tata kelola yang diperoleh dapat dijadikan sebagai pengukuran untuk mengetahui kemajuan yang terjadi, sehingga tindakan yang diperlukan dapat diambil, yang mengarah kepada pencapaian tujuan yang diinginkan organisasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Cobit 4.1 Control Objectives, Management Guidelines, Maturity Model,(2005), IT Governanc Institute.

Davis, Chris, Mick Schiller, and Kevin Wheeler. (2011), IT auditing : Using Controls To Protect Information Asset, United State : The Me Graw–Hill Companies.

Diyoto SE, M.Kom., M.Comm, (IS), PIA, Akuntan, Drs. Sanyoto Gondo, (2007). Audit Sistem Informasi + Pendekatan Cobit, Jakarta

Habsoro, Andhito (2010), “Aplikasi Tata Kelola dan Audit Sistem Informasi Menggunakan Framework Cobit pada Domain DS dan ME” Departemen Teknik Informasi Jurusan Teknik Informatika.

Hall, James, and Tommie Singleton (2007). Audit Teknologi Informasi dan Assurance, Jakarta, Salemba Empat.

Hamzah, Ardi. (2006). “Tata Laksana Teknologi Informasi Metode Cobit”..

ISACA. (2006), .Integrating Cobit into the IT Audit Process (Planning Scope Development, practise), ITGI.

IT Governance Institute. (2007) Cobit 4.1. USA,

Jogiyanto, Prof., Ph.D., MBA., Akt., (2011), Sistem Tatakelola Teknologi Informasi, Yogyakarta, Andi Yogyakarta.

Prasetyo, Agus Utomo dan Novita Mariana, (2010), Analisis tata kelola teknologi informasi (IT Governance) pada Bidang Akademik dengan Cobit Frame Work Studi Kasus pada Universitas Stikubank Semarang.

Sievandu, Kerubius Cilin. (2012), Audit Teknologi Informasi dengan Kerangka Kerja COBIT Versi 4.1 untuk Evaluasi Manajemen Teknologi Informasi di Kredit Union Pancur Kasih Pontianak.

Surendro, Krisdanto. (2007), Implementasi Tata Kelola Teknologi Informasi, Bandung : Informatika Bandung.

Surendro, Krisdanto. (2009), Pengembangan Rencana Induk Sistem Informasi, Bandung :Informatika Bandung.

Suryani, Arie Ardiyanti, (2009), “Pengembangan Model Information Technologi (IT) Governance pada Organisasi Pendidikan Tinggi Menggunakan Cobit 4.1 Domain PO dan AI”. Departemen Teknik
Informasi, Institut Teknologi Telkom Bandung.

Wiyati, Ratna Kartika. (2012), Audit Tata Kelola Teknologi Informasi pada Bagian Personalia STMIK STIKOM Bali Menggunakan Kerangka Kerja COBIT