Main Article Content

Ayu Mira Yunita
Andrianto H W
Susilawati .

Abstract

Abstrak - Narkotika adalah singkatan dari narkotika, psikotropika, dan bahan adiktif lainnya. Zat aktif dalam obat dapat bereaksi negatif terhadap tubuh. Efek terburuk akibat kandungan kimia obat adalah perubahan psikologis dan kematian. Salah satu jenis narkotika yang sangat berbahaya adalah ganja, ganja berasal dari tanaman canabis sativa yang berwarna hijau jika masih segar dan menjadi kecoklatan saat dikeringkan. Pengaruh ganja pada pengguna adalah membuat tubuh pemakai rileks, merasa nyaman, kegembiraan yang berlebihan (euporia), mengalami sensasi keliru dalam penciuman dan penglihatan pendengaran yang disebut halusinasi. Tidak hanya menimbulkan kecanduan, akibat penyalahgunaan narkoba ganja ternyata berdampak pada identifikasi berbagai penyakit terhadap narkoba. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyakit awal yang disebabkan oleh penyalahgunaan narkoba jenis ganja. Proses inferensi untuk mengidentifikasi jenis penyakit menggunakan pendekatan berbasis aturan dengan teknik perangkaian ke depan untuk menentukan hipotesis (jenis penyakit) karena kecanduan penyalahgunaan narkoba.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Achmad Wahyono, Alvino Oktaviano, Sistem Pakar Diagnosa awal Penyakit pada anak dengan metode forward chaining berbasis web, Universitas Pamulang

Arhami, Muhammad; 2005, “Konsep Dasar Sistem Pakar ; Jogjakarta: Penerbit Andi

Bekam Herbal, 2013, “ Modul Belajar Bekam Sinergi. Diambil tanggal 8 Juni 2015 dari http://www.bekamherbal.com/berita/454-bekam-adalah-pengertian-bekam-definisi-asosiasi-bekam-Indonesia.
Kendall&Kendall, 2010, “ Analisa dan Perancangan Sistem”, Edisi ke-5, PT Indeks

Kusrini, 2006, “ Sistem pakar Teori dan Aplikasi”, Yogyakarta, Andi Offset . Yogyakarta

Kusrini, 2008, “Apliasi Sistem Pakar”, Yogyakarta, Andi Offset
Kusumadewi, S. 2003, “Artifical Intelegence ( Teknik dan aplikasi), Yogyakarta, Graha Ilmu.

Nur Ali Arrosyid (2015) “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Gigi Di Klinik Gigi Apotek 128”,

Sri Setiyowati (2015), ”Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Dengan Metode Forward Chaining Untuk Pengobatan Bekam Di Klinik Tradisional Metode Herbal Dan Terapi Bekam Tarogong”
Turban, Efraim dkk (2005).Decision support system and intelegent system. Yogyakarta: Andi

Tutik Gusti Ayu Kadek, Delima Rosa, Probeyeekti Umi, 2009, Penerapan Forward Chaining pada Program Diagnosa Anak Penderita Autisme, Jurnal Informatika, Univ. Kristen Duta Wacana Yogjakarta.

Wiwi Verina, 2015, Penerapan Metode Forward Chaining untuk mendeteksi penyakit THT, Jatisi, Vo 1 No.2 Maret 2015