Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) Pengelolaan Sampah dalam Upaya Menuju Serang sebagai Smartcity

  • Tubagus Fahrudiansyah Universitas Serang Raya
  • Vidila Rosalina Universitas Serang Raya
Abstract views: 147 , PDF 135-140 downloads: 168

Abstract

Aplikasi Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) dibangun untuk membantu dinas kebersihan di Kota Serang dalam upaya menuju Serang sebagai kota cerdas (smartcity) di mana kepuasan masyarakat adalah menjadi titik keberhasilan kota dalam mengelola pemerintahannya.Aplikasi ini dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman PHP untuk website dan Java untuk android serta MySQL sebagai database. Penelitian ini menggunakan pendekatan Customer Relationship Management (CRM) untuk memberikan pelayanan yang efektif dan efisien yang dipadukan dengan Skala Likert untuk mengukur kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kebersihan di Dinas Lingkungan Hidup Kota Serang. Aplikasi ini dimodelkan dengan UML (Unified Modeling Languange) meliputi Use Case Diagram, Acitivity Diagram dan Class Diagram dan Metode Waterfall sebagai metode pengembangan perangkat lunak.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa belum ada aplikasi pengelolaan sampah di Kota Serang, dengan adanya aplikasi pengelolaan sampah ini dapat membantu koordinator untuk melakukan pelaporan masalah kebersihan, mengirim bukti pembayaran retribusi bulanan, melihat jadwal serta memberikan kritik saran dan pengaduan serta mengukur kepuasan masyarakat terhadap pelayanan dinas kebersihan masyarakat.

Kata Kunci: Android, E-CRM, Pengelolaan Sampah, Smartcity.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Peraturan Daerah Kota Serang Nomor 10 Tahun 2010 Tentang Retribusi Pelayanan Sampah / Kebersihan.

Peraturan Daerah Kota Serang Nomor 10 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Sampah.

Peraturan Daerah Provinsi Banten Nomor 8 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Sampah.

Rosalina, Vidila, dkk. 2017. Model Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) Menggunakan Adaptasi Bahasa Lokal Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Banten, Prosiding SENASSET 2017 (Seminar Nasional Riset Terapan) ISBN 978-602-73672-0-3 : 12, November 2017.

Rosalina, Vidila, dkk. 2017. Sosialisasi Manfaat E-CRM dalam Upaya Meningkatkan Retensi Pelanggan UMKM Cilegon. Jurnal Pengabdian Masyarakat Wikrama Parahita Vol 1 No 1, November 2017.

Published
2018-11-01