Rancang Bangun NAS (Network Attached Storage) Berbasis Raspberry Pi untuk Media Penyimpanan Data dan Informasi Terpusat Studi Kasus Kantor Desa Wantisari

  • Sutarti Sutarti Universitas Serang Raya
  • Siswanto Siswanto Universitas Serang Raya
  • Andri Bahrian Universitas Serang Raya
Abstract views: 282 , PDF 45-51 downloads: 129

Abstract

Kantor Desa Wantisari adalah lembaga pemerintah yang langsung berhadapan dengan masyarakat. Untuk memberikan sarana baik dalam pengurusan dokumen bagi warga seperti kartu tanda penduduk, kartu keluarga maupun informasi penting seperti bantuan dana bagi warga tidak mampu, terkadang warga kesulitan mencari informasi di kantor desa Wantisari dikarenakan masih menggunakan papan tertulis saja dan bagi pegawai sendiri untuk menyimpan dokumen warga masih tersimpan di data sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk membuat media penyimpanan data dan informasi terpusat berbasis Raspberry Pi menggunakan software Open Media Vault, yang dapat digunakan oleh pegawai kantor desa dan warga Wantisari, memberikan kemudahan bagi warga mencari informasi menggunakan media teknologi seperti smartphone atau laptop yang terakses jaringan Wi-Fi kantor desa Wantisari atau saat berada di luar tetap bisa mengakses via internet dan bagi pegawai tidak susah lagi dalam mencari dokumen penting karena sudah tersedia penyimpanan data terpusat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media penyimpanan data dan informasi terpusat berbasis Raspberry Pi menggunakan software Open Media Vault ini, dapat membantu pegawai kantor desa dan warga Wantisari baik dalam mencari informasi maupun data penting yang bisa di akses melalui internet menggunakan FTP (File Transfer Protocol), untuk kapasitas penyimpanan data sendiri maksimal 20 Terabyte dan daya listrik hanya 12 volt.

Kata Kunci: FTP, NAS (Network Attched Storage), OMV (Open Media Vault), Penyimpanan Data, Raspberry Pi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afif, Nur. 2017. Implementasi Open Meetings menggunakan Raspberry Pi sebagai Server. (Online), (http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/instek/article/view/4015/3708, diakses 13 Maret 2017).

Jannah, M., Basyah, B.L., dan Riyadi, R.A. 2015. Rancang Bangun Network Attached Storage (NAS) pada Raspberry Pi untuk Penyimpanan Data Terpusat Berbasis WLAN. (Online), (http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/fifo/article/view/1257/0, diakses 13 Maret 2017).

Mahfudi, H.A. 2017. Pengembangan Mini Web Server Raspberry Pi untuk Sistem Pemantauan Suhu dan Kelembaban Realtime Berbasis Zigbee. Skripsi tidak diterbitkan. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Published
2018-11-01