Perangkat Lunak Berbasis Website Untuk Membantu Pemilihan Jurusan di SMK Negeri 10 Pandeglang

  • Susilawati Susilawati
Abstract views: 299 , PDF downloads: 488

Abstract

SMK Negeri 10 Pandeglang adalah salah satu dari banyaknya SMK di kabupaten pandeglang yang memiliki lebih dari satu jurusan yaitu : Akuntansi, RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) dan Teknik Kendaraan Ringan. Dimana jurusan tersebut harus dipilih terlebih dahulu ketika calon siswa melakukan pendaftaran sebagai siswa baru. Tetapi terkadang pemilihan jurusan yang dilakukan oleh calon siswa tidak sesuai dengan minatdan bakatnya setelah mereka menjadi siswa dan menjalani proses belajar. Oleh karena itu untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan sebuah Aplikasi Pendukung Keputusan Penentuan Jurusan sebagai sarana untuk menentukan pilihan jurusan yang paling tepat sesuai dengan bakat dan kemampuan mereka. Aplikasi ini dibangun menggunakan PHP dan MYSQL sebagai storage database, XAMPP sebagai suatu bundle web server yang populars. Sehingga aplikasi ini dapat mempermudah calon Siswa dalam menentukan jurusan yang tepat sesuai dengan minat dan bakatnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budi Raharjo. (2011).Belajar Otodidak Pemrograman Web dengan PHP + Oracle. Bandung; Informatika Bandung. (hlm.119)

Dian Novita Handayani, Fitro Nur Hakim, Achmad Solechan. 2014. Sistem Pendukung Keputusan untukPemilihan Jurusan menggunakan Fuzzy Multiple Atribute Decision Making dengan metode Simple Additive Weighting studi kasus pada SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang, Jurnal Transformatika,volume 11, no.2, (http://download.portalgaruda.org/article.php, diakses 20 november 2017)

Foni Agus, S. (2012).Pemrograman Internet.Yogyakarta;Graha Ilmu. ( Hlm127)

Jogiyanto. (2013) ,Analisis dan Perancangan Sistem. Bandung : PT Mizan Pustaka

Joko Andrianto, Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan Dengan Metode Weighted Product Untuk Siswa-Siswi SMA Negeri 1 Sale (http://eprints.dinus.ac.id,diakses 20 November 2017)

Kadir, Abdul,(2012). Aplikasi DBMS menggunakan MYSQL. Yogyakarta; Andi.

Kbbi.web.id (di akses tanggal 26 April 2017) http: // kbbi.web.id/jurusan

Kbbi.web.id (di akses tanggal 28 April 2017) http: // kbbi.web.id/pemilihan

Mardi (2011). Sistem Informasi Akuntansi, Jakarta : Ghalia Indonesia

Muhammad Diponegoro (2013), Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan Pada Perguruan Tinggi Bagi Siswa Sma Dengan Metode Fuzzy SAW Studi Kasus Sma Futuhiyyah Mranggen Demak (http://eprints.dinus.ac.id, diakses 21 November 2017)

Nofriansyah, Dicky. (2014). Konsep Data Mining Vs Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Deepublish.

Pepi Dwi Ariani, Entin Martiana Kusuma, Dwi Kurnia Basuki,. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan SMK Menggunakan Neuro-Fuzzy (http://digilib.its.ac.id, diakses 20 November 2017)

Prahasta, Eddy (2014). Sistem Informasi Geografis Konsep – Konsep Dasar (Perspektif Geodesi & Geomatika). Bandung : Informatika.

Rahman, Su (2013). Cara Gampang Bikin CMS PHP Tanpa Ngoding. Jakarta: Mediakita.

Tata Sutabri.2012. Analisis Sistem Informasi. yogyakarta: Andi.

Yohanes Setyo Prabowo, Kusrini Kusrini, Andi Sunyoto(2015) : Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan SNMPTN Bagi Siswa SMAN 7 Purworejo, (http://ejournal.stikombali.ac.id/index.php/knsi/article/view/438, diakses 20 November 2017)

Yuniar Supardi.(2013). Koleksi Program Tugas Akhir dan Skripsi dengan Foxpro 9. Jakarta;Gramedia. (hlm.5)

PlumX Metrics

Published
2017-11-23