Model Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) Menggunakan Adaptasi Bahasa Lokal Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Banten

  • Vidila Rosalina
  • Mulyanah Mulyanah
  • Abdul Malik
  • Erma Perwitasari
Abstract views: 577 , PDF downloads: 576

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah Banten sebagian besar masih dikelola dengan metode konvensional, sentuhan teknologi informasi belum optimal. Salah satu pendekatan bisnis modern adalah dengan memperhatikan faktor pelanggan, bukan saja sebelum transaksi, tapi tidak kalah penting adalah setelah transaksi. Sistem Teknologi Informasi yang digunakan untuk mengelola pelanggan dengan tujuan untuk meningkatkan retensi pelanggan ini disebut dengan Customer Relationship Management (CRM). Perangkat lunak CRM yang sekarang ada lebih berorientasi ke perusahaan besar yang sudah mapan, sehingga akan menimbulkan beberapa ketidaksesuaian ketika diterapkan dalam UMKM. Penelitian ini mencoba mengembangkan perangkat lunak E-CRM yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis UMKM yang ada di Banten dengan menggunakan pendekatan lokal guna memudahkan pengguna dalam pemakaiannya. Fitur yang ada dalam E-CRM ini akan membantu UMKM dalam menerapkan pengelolaan hubungan dengan pelanggan sehingga dapat meningkatkan daya saingnya dengan perusahaan lain dalam mempertahankan bisnis yang dijalankan dan sebagai sarana untuk memperoleh pasar baru yang lebih luas. Pendekatan yang digunakan adalah menggunakan model 'lokalisasi' melalui observasi yang dilakukan pada usaha UMKM yang tergabung pada Himpunan Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (HIPMIKINDO) wilayah Banten. Mengacu pada identifikasi dan analisis kebutuhan sistem menggunakan kerangka kerja Zachman (Zachman Frameworks) yang telah dilakukan sebelumnya untuk memperoleh gambaran model yang utuh dan menyeluruh. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan gambaran karakteristik pemodelan E-CRM pada UMKM di wilayah Banten menggunakan pendekatan lokalisasi mengacu pada adaptasi dari konten produk, aplikasi dan laporan untuk memenuhi persyaratan bahasa, budaya dan target pasar yang spesifik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cook, Melissa A. 1996, Building Enterprise Information Architectures, Prentice Hall

Danardatu, Aloysius Heru. 2003, Pengenalan Customer Relationship Management, Ilmu Komputer.Com

Garcia, I., Pacheco, C., Martinez, A. 2012. Identifying Critical Success Factors for Adopting CRM in Small: A Framework for Small and Medium Enterprises. Software Engineering Research, Management and Applications 2012, Studies in Computational Intelligence Volume 430, 2012, pp 1-15

Hashim, R. 2012. Adoption of enterprise information system (EIS) in Malaysian small and medium enterprises (SMEs). Business, Engineering and Industrial Applications (ISBEIA), 2012 IEEE Symposium: 425 - 430.

Nugraha, A., Dewi, I.N., Novianto, S. 2013. Desain Pengembangan Aplikasi Electronic Customer Relationship Management dalam Mendukung Strategi Pemasaran dan Pengelolaan Pelanggan UMKM , Konferensi Nasional Informatika (KNIF) ITB 2013.

Pramudiya, E.H., Handarkho,Y.D., Rahayu, F.S. 2015. Pengimplementasian CRM Pada Pembangunan E-Commerce untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi Kasus: Dolanan Puzzle) Jurnal Buana Informatika, Volume 6, Nomor 4, Oktober 2015: 257-268.

Rifa'i, B. 2013. Efektivitas Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Krupuk Ikan dalam Program Pengembangan Labsite Pemberdayaan Masyarakat Desa Kedung Rejo Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo. Kebijakan dan Manajemen Publik, 130-136.

Rosalina, Vidila and Suhendarsah, Andri. 2013, Zachman Framework for Modelling CRM in PT.Lottechem, Tbk., Volume 2 Issue 7 (November 2013), International Journal of Engineering Associates (IJEA) ISSN 2320-0804.

Rosalina, Vidila. 2013, Pemodelan CRM Pada Perusahaan Petrokimia menggunakan Zachman Framework, Jurnal ELECTRANS ISSN 1412-3762, Volume 12 No 2 (September 2013).

Rosalina, Vidila., dkk. 2017. Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) Modeling on Micro, Small & Medium Enterprises (MSMEs) Banten, IJCA October 2017 Edition.

Satzinger, John W., Robert B. Jackson, Stephen D Burd. 2009. Systems. Analysis and Design in a Changing World, Fifth Edition. Course Technology, Cengage Learning EMEA.

Sawitri,P., Wulandari, L., Simri, L.I.W. 2012. CRM untuk UKM, Konferensi Nasional Sistem Informasi 2012, STMIK - STIKOM Bali 23-25 Pebruari 2012.

Whitten, Jeffery, L., Bentley, Lonnie, D., Dittman, and Kevin, C., 2004, Metode. Desain dan Analisis Sistem (diterjemahkan oleh Tim Penerjemah ANDI), Edisi 6, Yogyakarta.

Zachman, J.A., 2012, John Zachman's Concise Definition of the Enterprise Framework, http://www.zachman.com/aboutthe-zachman-framework.

Zifa, Zachman Framework, http://www.zifa.com

http://en.wikipedia.org/wiki/ECRM, diakses : April 2016.

http://en.wikipedia.org/wiki/Internationalizatio _and_localization, diakses : April 2016

PlumX Metrics

Published
2017-11-23